Agen Terpercaya  
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

CERBUNG - TAMAT The MAD Trip

Bimabet
kelewatan baca beberapa chapter terakhir...........

giliran baca sore-sore (mendung pulak) bareng ama lagu om Ari Lasso jd ikutan mellow..........

Anda layak dapat bintang *****
 
god damn.....!

ni cerita kerwn bener dah banyak yang bisa dipelajari bukan sekedar sceene absurdnya aja

tapi tentang pengorbanan dan realita

good job vroh :( :( :(

*sorry gue kebawa suasana abis namatin ni story
 
detik detik menjelang peluncuran epilog cerita legend epic :haha: :haha:
:baris:
 
Dua tahun yang panjang akan segera berakhir,,
Baper pun melanda
:sendirian:
 
Bagian Dua Puluh Enam:
Ebi, Epilognya Aku Bajak Pokoknya^^







Haaaai, semuanyaaaa. Karena Ebi lagi sibuk kuliah terus aku di tinggal di rumah, maka ijinin aku aja yang bawain epilog ini. Hah, kalian nanya aku siapa? Astaga, kalian baca cerita ini, tapi ga hapal-hapal juga gaya aku gimana? Ish.

Nah, dari mana kita mesti mulai bagian penutupnya? Aku rasa, kita bisa mulai dari hal-hal sederhana. Semisal...

"Manda, Mama mau belanja ke pasar dulu. Pokoknya nih ya, malem ini kita makan enak. Ada yang mesti dirayain soalnya," kata Mama Risma ke aku. "Si eneng geulis mau ikut belanja atau jaga rumah?"

"Aku jaga rumah aja, Ma. Sekalian beberes rumah," gitu balesan aku.

"Yaudah, Mama jalan dulu ya. Jangan capek-capek, nanti sakit. Kalo kamu sakit, Mama bingung mau ngegosip sama siapa, entar."

Mama Risma pun keluarin motor dari garasi. Aku bantuin buka pager biar motornya bisa lewat. Dan whuuush, Mama Risma pun pergi. Aduh, itu sein motor. Si Mama beloknya ke kanan, tapi sein nya ke kiri. Atuhlah hati-hati Ma.

Hampir satu minggu aku tinggal di rumah Ebi. Waktu pertama kali dateng ke sini lagi, Mama Risma kaget soalnya aku bawa koper sama tas ransel gede. Ebi yang pinter ngomong pun ngejelasin, kalo aku ada masalah dan di usir dari rumah, jadi Ebi mau minta tolong ke mama-papanya untuk ijinin aku tinggal di sini, buat sementara waktu sampe aku bisa sewa tempat tinggal sendiri. Eh, Mama Risma malah bilang, tinggal aja selama yang aku mau. Katanya, Mama Risma selalu pengen punya anak cewek untuk di ajak ngobrol dan tuker pikiran. Dan... aku juga udah di anggep anak sendiri, soalnya.

Tadaaaa, aku jadinya tinggal di sini, deh. Meski begitu, aku juga bantu-bantu kok. Aku ga mau ah, males-malesan gitu. Buat aku, ini masih rumah orang. Kecuali kalo Ebi udah ngelamar sih, mungkin aku bisa lebih santai-santai gegoleran gitu di karpet. Ohohohoho, udaaang, cepet-cepet dong aku di bawa ke KUA. Aku penasaran nih, membina rumah tangga sama kamu itu kayak gimana~

Ga semua jadi lebih baik. Sadly. Rama, setelah berbesar hati ngelepas aku buat Ebi, dia ga pernah ngehubungin aku lagi. Dia cuma titip pesen, kalo sampe Ebi kecewain aku lagi, bakal dia goreng si udang. Tentu dia ngomongnya sambil becanda sih, Rama ga sejahat itu kok. Gimanapun juga, karena dia juga, aku jadi bisa gapai mimpi terbesar aku saat ini.

Ada di sisi Ebi.

Om-Tante aku juga ga nyariin. Aku ngerti sih, alesan mereka selama ini berbaik hati ngurusin aku ya karena hibah perusahaan Papi ke mereka. Dasar pasangan gaek gila harta. Oh iya, aku sengaja ga cerita ini ke Ebi. Aku sebenernya ga bener-bener di usir sih, cuma... aku di suruh milih, bisa pergi dengan bebas tapi nyerahin hak waris aku ke mereka, atau tetep tinggal, nurutin mereka, dan aku ga akan kehilangan hak waris aku. Jelas, aku pilih yang pertama. Buat aku, materi bukan segalanya.

Tapi, berhubung itu perusahaan yang Papi rintis dari kecil sampe jadi berkembang pesat begitu, aku mesti selamatin dong dari tangan Om sama Tante. Myahahahaha, tenang aja. Manda always have a backup plan. Much plans.

Oh iya, kira-kira Mama Risma mau masak apa ya?

-o-​

"Heh, jadi selama ini adek gue pake baju aneh-aneh, itu semua gara-gara elo?" tanya Aurel ke aku. "Fashion and beauty vlogger? You've got to be kidding me."

"Ahahaha, begitulah... tapi kan bukan salah aku juga. Aku sih cuma suka mix-match baju-baju, terus posting deh. Mana aku tau kalo banyak yang suka," aku bales, sambil ngasih pembelaan diri.

"Ya tetep aja, gue ga terima. Kurang modis apa coba gue, sampe adek gue sendiri aja kiblat modenya ke orang. Hih, ngeselin amat," bales dia lagi, "udah gitu, elo kenapa sekarang tinggal di rumah Ebi, haaaah? Kenapa ga jadi nikaaaaahhh???"

Aku langsung mundur-mundur teratur. Aurel kalo mulai galak gini bikin ngeri ih. Tapi, Aurel malah nyamperin aku. Tuh, tuh, dia mau ngapain coba?

Eh?

Ternyata Aurel malah meluk. Meski aku sadar banget, dadanya menghimpit dada aku, tapi pelukannya terasa tulus. "Gue seneng banget, bener-bener seneng lo yang ada di sisi Ebi sekarang. Please, jangan pergi dari sisi cowok gue lagi," kata dia.

Bentar deh, kayaknya ada yang salah. Ini aku yang salah denger apa gimana gitu. "Loh, cowok kamu siapa emang, Rel?"

"Ebi lah, siapa lagi emang?"

Aku pun langsung lepasin pelukan Aurel. "Ih, gitu amat. Dia itu tuh... hhnngg..."

"Sekarang gue tanya, lo sama dia pacaran lagi ga?"

Aku menggeleng, pelan.

"Tuh, berarti Ebi sekarang statusnya bebas transfer. Jadi boleh sama siapa aja," kata dia lagi. Enteng banget masa bilangnya. Huuu...

"Rel, aku mikirin ini deh. Keenakan ga sih, si Ebi, kalo kita berebut cowok yang sama? Kok rasanya tuh kayak ga ada cowok lain, gitu ya."

Aurel naikin sebelah alisnya. Ih, bisaan dia emang kayak gitu. "Lo sendiri kenapa ga nikah aja sama mantan tunangan lo itu? Malah nempelnya sama Ebi?"

"Hngg... ya... aku maunya sama Ebi, gimana dong?"

Aurel jitak kepalaku, pelan tapi. "Nah, itu tau jawabannya. Yaudah ga usah di jawab. But hell, ini cuma antara kita aja, ya. Kalo sampe pembicaraan ini kesebar," Aurel natap aku, tajem gitu, "gue tau mesti nyiksa siapa."

Tuh kan, dia galak banget, emang.

Tapi aku ga tau loh kalo Aurel mau dateng tiba-tiba ke sini. Aku yang lagi beberes, kebingungan liat cewek pake animal suit sapi, turun dari mobil terus mencet-mencet bel di pager. Pas aku liat lebih jelas, eh, si Teteh Aurel. Dia yang pake animal suit gitu bikin aku pangling. Aku cuma liat dia pake baju kerja sama baju seksi doang sih, biasanya.

Ternyata, di luar dari sikap serius dan imej bussiness woman dia, Aurel sama kayak aku dan gadis-gadis lain. Kecuali di bagian dada sih, dada dia oversize banget emang. Ups.

Aurel dateng pas rumah masih sepi. Papanya Ebi lagi kerja, Ebi nya lagi ngampus, Mama Risma belanja dan belom pulang-pulang--mungkin lagi berantem sama orang yang kagok nabrak motornya karena ga sengaja, Eno dan Tara sekolah, dan cuma aku aja yang di rumah. Ih, aku jaga kandang gitu, ceritanya. Untung ada Aurel, yang mampir sambil bawa pizza. Katanya sengaja mau ketemu aku. Mau ngobrol banyak hal.

Kata Aurel, Ebi cerita semuanya ke dia tentang aku. Aurel cuma bisa bengong, dan berkali-kali ga percaya sama apa yang Ebi ceritain. Aku sih ketawa doang, ya mau gimana lagi, itu cerita sebenernya. Makanya, Aurel khusus nemuin aku siang ini, mau denger lebih banyak ceritanya dari aku sendiri, sebelum nanti dia pulang dulu terus kembali ke sini pas sore.

Eieiei, aku skip aja ya. Sori, girl's talk. Privat tau.

-o-​

Sore ini, Mama Risma sekarang lagi ngatur anak-anak buahnya. Aku dan yang lain di suruh berbaris rapi, berjajar ke samping. Terus, Mama Risma absen kita satu-satu. Persis kayak apel pagi di militer.

"Ebi?"

"Apa Ma?" jawab Ebi, males-malesan. "Etdah, ini ngapain kita di barisin gini sih?"

"Ga usah protes lu, ikutin aja pokoknya," bales Mama Risma. "Oke lanjut. Manda?"

"Hadir Ma," aku ngejawab, nadanya dibikin riang gitu.

"Eno?"

"Ngape?" Eno pun ngejawab. "Ahelah Ma, Eno baru pulang, belom ganti seragam masa udah disuruh baris gini. Kita ngapain sih?"

"Jangan bacot, pokoknya nurut kalo ga mau gua sunat dua kali lu No." Terus Eno langsung diem. Luar biasa sekali Mama baru aku ini. Fufufu.

"Tara?"

Mama Risma ngeliatin anak bungsunya, cuma buat nunggu sahutan dari Tara. Lama. Kita pun juga nunggu, semua ngeliatin Tara. Masih belum ada respon. Tara masih kekeuh sama ekspresi datarnya.

"Ah udahlah, Mama nyerah sama si bungsu ini emang," kata Mama Risma, akhirnya. Terus, si Mama jadi ngegerutu sendiri, "heran, dulu hamil dia gua ngidam apa sih, sampe ngelahirin anak yang datar mukanya gitu. Irit ngomong lagi. Duh, Gusti."

Lalu, Mama Risma tepuk tangan satu kali. "Oke, karena sekarang anak Mama udah kumpul semua, jadi kita bagi tugas. Ebi sama Eno sterilin ruang tamu, nah kalo--"

"--sterilin itu maksudnya gimana, Ma?" tanya Eno.

"Kosongin ruang tamu. Ahelah gitu aja ga ngerti kamu, No. Barang-barangnya di pindahin dulu, biar makin lega ruang tamu nya. Nah, kalo--"

"--pindahinnya kemana dong, Ma?" kali ini, Ebi yang motong.

"Ke mata lu! Heran, demen amat sih lu berdua nyelak omongan gua mulu! Ya pokoknya sepinter-pinternya lu berdua aja lah, gitu aja pake nanya. Bayangin kek mau di taro dimana entar. Ribet amat."

"Ma, kalo gambar, Ebi bisa bayanginnya," bales Ebi, "lah ini, mindahin sofa, karpet, sama tivi kemanain coba?"

"Mindahin barang juga pake imajinasi!"

Udah, Ebi diem abis itu. Astaga, keluarga apa sih ini? Aku sampe ga kuat nahan ketawa. Ampun deh, mereka konyolnya maksimal banget!

Mama Risma kasih briefing singkat, tentang pembagian tugas. Ebi dan Eno pindah-pindahin barang-barang di ruang tamu biar lega, aku bantu Mama Risma masak, sementara Tara... uuuhh... dia... aduh, aku bingung jelasinnya. Semua juga bingung mau kasih tugas ke Tara apaan. Akhirnya, Tara cuma jadi anak bawang yang anteng nonton kartun di siaran tivi kabel, di kamar Ebi.

Hari ini, Mama Risma mau adain syukuran. Entah syukuran apa, aku ga tau. Tepatnya, ga di kasih tau. Pokoknya katanya, aku tinggal terima beres aja nanti, kitu. Kan malah jadi penasaran kalo di rahasiain gini. Aduh, cepet-cepet acaranya di mulai kenapaaa.

"Liat-liat kalo lagi motong sayuran," Ebi yang lagi bawa kursi kayu, berenti sebentar buat ngomong sama aku. "Nanti kalo jarinya ke iris, terus luka, nangis lagi," katanya, terus berlalu ke depan.

"Gapapa yeee," aku ngomong agak keras ke dia, biar denger, "kan yang penting luka hati aku mah udah kamu sembuhin~"

Lalu dari teras sana, kedengeran suara Eno nge-cie cie-in kakaknya, yang di bales Ebi pake ketawa bangga gitu. Aku pun ikutan ketawa jadinya. Oh iya, sampe lupa. Ambil bahan-bahan di kulkas terus bawa ke dapur.

"Ma, masak apa lagi abis ini?" tanya aku, sambil nyerahin beberapa bumbu dapur ke Mama Risma.

"Sayur krecek udah jadi, tumis kangkung, gurame saus tiram... terus... abis ini kita bikin ayam bumbu serundeng sama sambel," bales si Mama. "Cukup ga ya? Ah cukup-cukupin aja."

"Emang yang dateng banyak ya, Ma? Yang aku tau cuma Aurel sama Devi aja kan."

"Ga kok, ini cuma buat sekeluarga plus neng Orel sama adeknya. Ini juga masak-masak setengahnya di modalin Ebi, kok." Terus, Mama Risma tunjuk potongan-potongan kelapa yang belum di parut. "Neng, kamu parutin kelapa, ya. Tapi hati-hati, jangan sampe kena jari. Pelan-pelan aja, masih banyak waktu."

"Kayak hubungan ya, Ma?" aku ketawa geli, "pelan-pelan aja jalaninnya, masih banyak waktu~"

Mama Risma langsung nimpuk aku pake tomat. Abis itu, ada senyum kecil terbit di wajahnya yang teduh itu. Senyum yang melegakan.

"Ma, emang yakin semuanya bisa selesai pas malem nanti?" tanya aku lagi.

"Engga sih," eh si Mama diem dulu sebentar, "tapi harus selesai, gimana pun caranya."

Sekarang, gantian aku yang senyum lebar. Ah, ini bikin makin semangat aja kan. Yosh, kesini kalian kelapa-kelapa parut! Kalian ga ada apa-apanya dibanding Manda yang lagi semangat ini!

Sekarang, aku tau, dari mana sifat optimis Ebi itu berasal. Sifat yang meski sadar kalo dia ga punya kesempatan sama sekali, tapi berusaha sebaik-baiknya sampai akhir.

Aku harap, aku bisa jadi bagian dari keluarga ini, untuk selamanya.

-o-​

Luar biasyaaahhh, semuanya selesai juga akhirnya. Meski agak molor setengah jam dari estimasi, yaitu jam 7 pas. Tamu-tamu yang dateng juga udah lengkap. Ebi bilang, ini cuma syukuran kecil. Jadi dia cuma undang Devi sama Aurel. Terus, aku nanya sama si udang kesayanganku ini, soal acara apa ini sebenarnya. Eh, Ebi malah bilang, "nanti juga tau sendiri."

Gitu sih dia mah. Main rahasia-rahasiaan.

Sekarang, di ruang tamu, udah ada Aurel sama Devi. Aurel hari ini tampil santai, tapi tetap nunjukin kesan glamornya. Sementara Devi, masih setia sama style abg gaulnya. Selain itu, Om Juanda, ayahnya Ebi-Eno-Tara, pulang cepet hari ini. Katanya, khusus biar ga kelewatan acara syukurannya. Wah, tumben banget!

Gara-gara suami tercinta pulang cepet, Mama Risma jadi kegirangan. Si Mama malah sampe dandan abis-abisan, terus mejeng di ruang tamu, ngobrol bareng sama aku, Aurel dan Devi. Berempat, kita persis kayak hape canggih yang di display di etalase toko; mulus, kece, bening. Khusus untuk Mama Risma, lebih keliatan kayak hape jadul. Vintage, yet classy.

"Calon supervisor di suruh ngupas bawang, marut kelapa, sama goreng ayam?" Aurel ketawa ngakak, "udah banting setir jadi tukang katering ajaaa!"

Kan, aku diledekin gara-gara bantuin masak. Ya abis, aku belum pernah masak sebelumnya. Sekalinya bantu-bantu, malah bikin runyam dan ujung-ujungnya Mama Risma yang turun tangan. Pake segala di ceritain lagi ke orang-orang, kan jadi malu akunya.

"Iya ih, mana aku pas goreng ayam sambil mundur-mundur gitu," jawab aku, lirih. Pasrah gitu.

Tawa Aurel makin menjadi-jadi kan. Hiks anet.

"Tapi katanya," Devi pun nimbrung ke obrolan, "kalo ada cewek yang goreng ayam sambil mundur-mundur, mesti di nikahin tau."

Kalimat Devi, sukses bikin Aurel berenti ketawa. Ah, lega deh. Maacih ya Depoy.

"Ah elo, bukannya belain kakak sendiri," gitu bales Aurel.

"Makanya cari pacar dong, biar ada yang bisa belain," celetuk Devi lagi, dan sukses bikin Aurel makin sensi.

"Diem lo, dasar manusia penikmat LDR." Aurel pun mulai ngelancarin serangan sporadisnya ke adiknya sendiri. "Coba bayangin deh, lo lagi di sini, makan-makan, terus pacar LDR lo itu lagi jalan sama ceweknya yang di sana. Bilangnya ngerjain tugas, revisi lah, nonton bola, acara kumpul keluarga, padahal...."

Lho? Devi kok buru-buru ngecek hapenya? Terus, dia ijin ke teras, sambil nelpon. Kayaknya lagi mastiin keadaan pacarnya, ya. Ckckck. Aurel yang seneng, karena berhasil bikin Devi keribetan sendiri.

"One down, and...," entah kenapa, matanya langsung tertuju ke aku. Pandangan mata setajam silet itu. "...One more to go."

"Bentar deh, Rel," Ebi langsung nyamber abis muncul tiba-tiba. Padahal dari tadi dia lagi ngaca sambil nguncir rambutnya yang ga seberapa panjang itu. "Gue heran. Kenapa Manda bisa langsung ada di posisi supervisor? Gue belom denger ceritanya, kan."

"Kaco si Manda emang!" Aurel mendesah berat dulu sekali. Ini bikin suasana jadi agak ga enak gitu. Tapi aku mah tenang-tenang aja sambil senyum-senyum unyu. "Tes yang di kasih sama HRD gue di libas abis sama dia. Kalo bukan gue yang approve hasil tesnya, Manda udah jadi manajer mulai Senin besok," katanya lagi.

"Buset? Manajer?"

"Semua kriterianya pas, dan lulus baik tes lisan maupun tulisan. She got a perfect score, dan mau di angkat jadi manajer kalo aja gue ga dateng. Ini gara-gara dia juga, ditanya mau apply lamaran di bagian apa, malah bilang terserah, sesuai tes aja nanti. Terus hasilnya begitu lagi! Bayangin, baru kerja, masih muda, tapi udah jadi manajer. Bisa kacau kantor gue. Nanti mentang-mentang gue yang rekomendasiin dia buat ikut tes masuk kerja, di kiranya gue juga yang sengaja kasih dia posisi enak. Jadi untuk sementara, dia gue terima di jabatan supervisor," Aurel ngejelasin panjang lebar. Terus, dia natap aku lagi. "Gue ga mau tau, lo cat rambut warna-warni lo itu jadi item. Supervisor apaan rambutnya di highlight begitu, hah?" gitu katanya.

Aku kena omel mulu masa.

"Terus, kita nunggu apa lagi ini?" tanya Ebi ke Mama Risma.

Mama Risma yang lagi asik manja-manjaan sama Om Juanda, malah jadi bengong. "Loh, ya kamu mulai pembukaannya lah. Oh iya, Mama siapin makanannya dulu," kata si Mama.

Satu persatu, piring-piring porselen cantik itu di tata di tengah-tengah ruangan sama Mama Risma. Masakan-masakan enak pengundang selera makan pun berjejer, meminta untuk disantap. Dan kita yang ngelilingin makanannya, duduk bersisian di atas karpet lebar. Aku sama Eno udah main liat-liatan aja, berharap bisa colong start saat yang lain lengah.

"Wuih, wuih, bukan main, ckckck," Om Juanda berdecak kagum. "Saya bersyukur lho ada acara begini," kata si Om ke semua orang, "kalo hari biasa, saya susah makan enak di rumah. Padahal si Mama jago masak, cuma malesnya itu lho... haduh, haduh..."

"Heh, lu bilang apaan? Gua, males?" gantian Mama Risma yang berkomentar. "Emang dikira ga capek ngurus anak tiga, udah gitu suaminya doyan makan, ngurus cucian, baju, setrika, beberes rumah. Emang lu mau bantuin, gendut?"

Om Juanda pun cuma bisa menggeleng pasrah. Aduh, aku pingin ketawa, Ya Tuhan...

Aku duduk manis, di apit oleh Aurel dan Devi. Lalu, di sebelah Devi ada Eno. Tara di pangku sama Mama Risma, di sebelah Aurel. Ebi nyelip di antara pasangan suami-istri itu, jadi Om Juanda terpaksa bergeser dan sebelahan sama Eno. Yah, aku seberang-seberangan ya sama Ebi. Padahal maunya deket-deketan.

"Udah nih Ma," kata Ebi ke si Mama. "Kapan mulainya?"

Tapi, Mama Risma malah sikut Ebi, pelan. "Kamu aja yang mulai, Mama bingung ngomongnya."

"Lah, kok Ebi? Kan biasanya yang bawel itu Mama?" Ebi bales sikut Mama Risma. "Cepetan apa Ma, udah pada laper itu keliatannya."

"Mama ga jago pidato."

"Ebi apalagi, jagonya cuma ngangkat galon ke dispenser doang."

Lalu, ibu dan anak itu main sikut-sikutan.

Haduh, ini keluarga apa sih? Kok konyolnya ga berenti-berenti? Astagaaa, aku bisa mati ketawa kalo terus-terusan tinggal di rumah ini. Ah, tapi... aku seneng banget, bisa ada di tengah-tengah mereka, orang-orang yang selalu bisa membuat aku tertawa. Tapi aku sadar, aku ga bisa selamanya ada di sini. Aku bukan bagian dari mereka, seenggaknya belum.

Aku selalu suka suasana ramai. Seakan sesak dan deritaku lenyap oleh keramaian yang mendominasi. Aku yang sendirian terus selama ini, sedikit berharap akan saat dimana kesendirian itu enyah, digantikan oleh rupa warna-warni dan bising dunia. Bising yang melegakan hati. Berisik yang mengijinkanku ikut andil di dalamnya. Bergabung bersama canda, tawa, bahkan derita. Aku ingin berperan serta, di anggap ada. Bukan, mungkin lebih tepatnya, di anggap berharga. Sebagai manusia. Bukan aset.

Aku ingin terus bersama keluarga ini, sampai akhir, sampai nanti. Keluarga yang membiarkanku mencicipi betapa asiknya keramaian, serunya bercanda, dan begitu berartinya kebersamaan.

"Yaudah, yaudah," oh, akhirnya Ebi yang mengalah, fufufu, "Ebi aja yang mulai."

Iya, lagi kenapa sih. Kelamaan. Aurel aja sampe protes tuh.

"Jadi begini," Ebi mulai ngomong, terus pake segala berdehem dulu lagi. Kegayaan! "Sebenernya... ini cuma acara syukuran kecil-kecilan, untuk ngerayain Manda yang keterima kerja, juga acara kumpul-kumpul setelah kita liburan kemaren. Kenapa di rumah ini? Soalnya modalnya pas-pasan, jadi ga bisa bikin acara yang mewah di luar. Gitu..."

"Ga apa-apa Bi," timpal Aurel, "gue lebih suka kayak gini. Feelnya dapet banget."

"Ahahaha, iya loh! Kapan lagi coba bisa bebas ga perlu jaim-jaiman dan merasa kayak sama keluarga sendiri?" tambah Devi.

"Nah, itu salah satu poinnya," bales Aurel lagi.

"Dan lagi, Mama sengaja bikin acara makan-makan ini, untuk kalian semua," kali ini, Mama Risma yang ambil alih pembicaraan.

Aku suka deh, liat Mama Risma pas lagi serius begini, keibuan banget. Persis kayak Mami. Hehe.

"Mama selalu pengen punya anak perempuan, tapi dikasihnya Ebi, Eno, sama Tara. Terus karena sekarang udah tua, jadi rentan mau punya anak lagi. Makanya, misal... kalo Mamanya Ebi ini anggep kalian bertiga jadi anak Mama," Mama Risma pun natap kami bertiga, bergantian, "Aurel, Manda, Devi, kalian mau ga anggap Mama kayak Mama kalian sendiri?"

Aurel mengangguk, pelan. Terus, sambil tersenyum manis, dia jawab begini, "jadi udah boleh panggil Mama nih? Ga usah pake Tante-Tante lagi kan?"

"Aku... belum tau rasanya punya mama itu gimana," tambah Devi, "tapi aku mau coba. Siapa tau, aku jadi bisa bayangin Mama kita dulu itu kayak gimana, ya kan Kak Rel?"

Dan aku cuma bisa diam. Aku bahkan ga berani ngomong apa-apa. Aku takut, ketika aku bicara satu kata aja nanti, rasa sesak yang mengumpul di dada ini bakal mendesak keluar, lalu...

"Kalo Manda gimana?" tanya Mama Risma ke aku.

Aku ga berani jawab. Kepalaku spontan tertunduk, ga berani menatap semuanya yang ada di sini. Please, lebih dari ini, dan pertahananku akan luluh.

"Yang penting, kalian semua tau ini. Anggap saya seperti ibu kalian semua, selayaknya saya menganggap kalian seperti anak sendiri. Karena kalian, anak pertama saya sekarang jadi lebih baik, dan karena itu juga... saya berhutang budi sama kalian bertiga. Untuk itu, Aurel, Manda, Devi... kalian bisa anggap tempat ini jadi rumah kalian juga. Yah, meski kecil, cuma... kalau kalian capek, atau penat, kalian bisa pulang ke sini. Nanti saya masakin. Pokoknya enak deh. Nah terus--"

"Ma, beneran... boleh anggap ini rumah aku juga?" aku memotong. Aduh, ini bener-bener gawat, mataku udah membias begini.

"Iya. Ini rumah kalian juga. Rumah kita semua," bales Mama Risma, pelan.

Aku masih menunduk, ga berani natap mereka. Ini terlalu... aku... aduh, kenapa mesti jatuh sih air matanya? Eh, eh, jangan tambah banyak, nanti aku malu kan. Tuh, kok malah makin mengalir gini? Hei, kalian, berenti atuh. Nanti aku di ledekin jadi cewek cengeng yang nangis terus. Ahelah. Kan, kan...

"Makasih... banyak. Aku..."

Kalimat itu ga sempet terucap. Air mataku tumpah lebih dulu, membasahi pipi dan menetes ke paha. Aku ga tau lagi mesti ngomong apa, karena menyadari bahwa masih ada keluarga yang mau menerima aku dengan tangan terbuka. Aku, yang kehilangan semuanya, sekarang malah dapet keluarga. Keluarga yang mau menerima aku apa adanya. Yang melihatku bukan dari sampul semata.

Aku merasa telah 'pulang'.

"Karena gue ngerasain banget, sendirian itu ga enak, makanya... janji ya, kita bakal bareng-bareng," kata Ebi, lantang. Nadanya ceria gitu.

"Bermimpi bareng-bareng," tambah Aurel.

"Dan bahagia bareng-bareng juga," timpal Devi.

Satu rangkulan dari Devi membuyarkan semua pertahananku. Tangisku pecah. Apalagi pas Aurel usap-usap kepala aku, itu... itu... rasanya...

"Jangan merasa sendiri lagi ya." Lewat kedua mata yang semakin memburam, aku bisa liat Mama Risma mengulas senyum ke aku. Satu senyum yang amat tulus. "Banyak yang sayang sama kamu, Manda. Jangan pernah merasa bukan apa-apa. Kita semua butuh kamu, dan Mama harap, kamu juga jangan malu-malu minta tolong sama kita semua kalo ada kesusahan. Kita semua mau kamu bahagia."

Ah, iya. Aku sadar sama ini semua, akhirnya. Setelah semua derita itu, semua perjalanan hidup aku yang begajulan itu, semuanya bermuara untuk malam ini. Aku punya mimpi, satu mimpi sederhana. Punya tempat untuk merasa 'pulang', membiarkan aku bahagia. Lucunya, aku mesti ngelewatin banyak derita dulu, merasa banyak kehilangan, banyak berkorban, kehilangan segalanya. Ini kayak kata Ebi tentang ceritanya soal 'sendal si bapak'. Mereka yang sanggup untuk mengikhlaskan, akan diberi pengganti yang jauh lebih baik. Aku mencoba menerima perjalanan hidup aku sendiri, mengikhlaskan sakitnya, lalu terus maju ke depan, meninggalkan masa lalu.

Dan di ujung jalanku, ada Ebi. Bersamanya, datang pula kebahagiaan-kebahagiaan lainnya. Dia hal terbaik yang semesta antar ke aku. Kado serupa keajaiban.

Aku percaya tentang keajaiban dari mengikhlaskan. Bahwa selalu ada pengganti yang disiapkan semesta untuk kami, manusia. Aku merelakan semuanya, dan semuanya terganti dengan malam ini. Dengan kebahagiaan-kebahagiaan baru, mimpi-mimpi baru untuk diwujudkan, jalur takdir untuk dijalani, dan hati untuk di jaga, sampai mati.

Lebih dari itu, aku menemukan hal paling berharga di antara semuanya: keluarga yang menginginkan aku ada bersama mereka.

Tangisku makin pecah ga karuan. Ebi yang ngeliatin aku, cuma bisa ketawa lepas, di susul Eno sama Om Juanda. Mama Risma lagi terharu tuh, berusaha seka air mata biar ga merusak make-up cetarnya. Di sela tangisku, terbit juga tawa. Bareng Devi, aku pun tertawa bersama. Sementara Aurel lagi berusaha mendongak biar air matanya ga tumpah, sambil kipas-kipas matanya.

Papi, Mami, tenang ya di surga. Anak kalian sekarang udah nemuin rumah untuk pulang, dan keluarga untuk menghabiskan kebahagiaan bersama.





Aku selalu percaya akan keajaiban
Akan konspirasi semesta dalam merancang kebahagiaan
Akan cahaya setelah gelap,
dan yang datang setelah hilang.

Aku percaya bahwa roda selalu berputar
Aku akan jatuh lagi, lalu bangkit kembali
Mengecapi derita, untuk kemudian diberi bahagia
Melihat lebih dari yang tersaji di depan mata,
Untuk mencari makna-makna

Aku ingin selalu mempercayai intuisi, kata hati
Aku menggantungkan mimpi-mimpi
Untuk jadi tujuan,
Untuk di wujudkan

Untuk membawanya ke alam nyata,
bersama dengan mereka yang aku sayang

Kebahagiaanku sederhana
Sesederhana tersenyum, bermimpi, berandai-andai,
Seklise jatuh cinta
Dan ini mimpi baru ku,
Untuk membagi kebahagiaan ini kepada banyak orang,
Jadi mereka bisa terhubung lewat satu rasa yang sama,
Lewat benang bahagia

Aku pun merasa hidup,
Dalam arti yang sesungguhnya






Tertanda,
Geischa Amanda
(punya nya Ebi)
 
A note from silly me,

Hai. Akhirnya, cerita ini selesai juga. Waktu yang dibutuhhin dari cerita ini pertama kali dibuat sampe selesai adalah 2 tahun lebih. Tsadeeezt. Dan selama kurun waktu cerita ini tayang di tempat asalnya, cerita ini pernah lanjut, lalu tertunda, dilanjut lagi, ditunda lagi. Lalu saya kembali untuk menyelesaikan apa yang saya mulai. Tau ga, ini pencapaian pertama saya untuk menyelesaikan sesuatu. Saya ga pernah bisa menyelesaikan apa yang saya mulai sebelumnya. Baik lewat cerita-cerita, ketika saya menggambar dan melukis, apapun di kehidupan nyata saya. Saya terlalu takut bahwa saya ga bisa menggambarkan akhir yang sesuai dengan ekspektasi saya. Makanya, saya jadi kabur lalu lari. Saya terlalu takut kepada bayangan-bayangan yang di buat otak saya sendiri.

Lalu di suatu malam, saya di telepon nyokap. Beliau bilang, saya mesti berani. Saya mesti menyelesaikan apa yang saya mulai. Katanya, wajar kalau takut. Semua orang punya ketakutannya masing-masing. Lalu saya diberi pertanyaan begini, "emang kamu ga curiga ada apa gitu yang ngumpet di balik ketakutan-ketakutan kamu sendiri?" Dari situ, rasa penasaran saya bangkit. Saya mau tau, kalo saya bisa menyelesaikan sesuatu, apa yang akan saya dapat.

Eh, ternyata hasilnya keren: bahagia.

Ternyata kebahagiaan versi saya simpel. Cukup dengan menembusi kabut ketakutan saya, dan melihat apa yang ada di akhir dari perjalanan saya. Terus, karena saya bahagia, saya jadi punya dorongan semangat untuk lebih maju lagi. Pelan-pelan, ketakutan itu pun sirna. Saya belajar banyak. Saya pengen jadi kayak Ebi, yang bisa menggeser ketakutan-ketakutannya dan berani menghadapi apapun di hidupnya.

Seiring saya bikin cerita ini, banyak pelajaran yang saya dapet. Cerita ini kayak self note buat saya. Cerita yang ingetin saya untuk bermimpi, untuk menjalani hidup, untuk menentukan tujuan, untuk mengingatkan rasa bahagia. Untuk lebih membuka diri. Ini tuh jadi kayak semacam pengingat gitu, tapi dalam bentuk cerita. Jadi bisa saya baca sendiri, terus inget-inget apa aja yang saya lewatin, dan yang bisa saya gapai. Bisa di raih.

Bersamaan dengan cerita ini juga, saya udah ngerasain banyak kehilangan. Terlalu banyak, dan saya rasa akan lebih banyak lagi. Karena kehilangan itu juga, saya jadi ditinggal sendiri. Cuma, sekarang saya ingin lebih bisa menerima. Menerima mereka yang pergi jauh hingga ga bisa saya gapai lagi. Dan mereka yang pergi, menunggu untuk saya raih kembali. Saya pengen jadi kayak Manda, yang merasakan banyak kehilangan dan kesendirian tapi ga pernah menyerah untuk berharap akan pengganti, akan keajaiban-keajaiban.

Lalu, selama kurun waktu tersebut, kehidupan saya terasa jungkir balik. Wuih, kayak naik komedi puter tapi di set di kecepatan tertinggi. Bikin mabok, takut, gempor, puyeng, semaput. Saya pernah ada di titik terbawah kehidupan. Melongok ke atas, berandai-andai berada di tempat yang sejajar dengan mereka yang sudah jauh terbang di atas saya. Saya pernah putus asa juga. Pernah capek sama kehidupan ini, dan ga pengen ngelanjutinnya lagi. Saya pernah muak sama semuanya. Kayak abege labil gitu, cuma ini skala depresi. Fufufu. Saya pernah merasa terlalu capek untuk berusaha lagi, bangkit lagi, hanya untuk dijatuhkan lagi. Saya pernah berpikir semua yang saya lakuin itu sia-sia. Proses yang percuma.

Tapi hidup punya caranya sendiri untuk membawa orang yang ada di bawah, untuk naik pelan-pelan ke atas. Dengan memberi mereka kesempatan. Kesempatan terbesar yang dikasih hidup untuk saya itu klise: membuka pikiran saya. Dengan pikiran yang terus membuka, saya jadi bisa nangkep makna-makna di sekeliling saya. Makna hidup yang bikin saya bangkit lagi. Persetan sama capeknya usaha, saya ga mau ribet. Kalo capek ya istirahat, terus lanjut lagi. Saya pengen jadi kayak Aurel, yang bisa bangkit dari keterpurukannya, terbang semampu dia mengepakkan sayapnya.

Saya juga pengen kayak Devi, yang bisa bersikap tenang meski masalah keroyokan datang. Jadi orang yang bisa menempatkan dirinya sendiri untuk berbuat sesuatu ke orang lain. Untuk berbagi. Untuk berkorban. Saya pernah berkorban, dan masih sedang berkorban. Rasanya berat, cuma anehnya, saya bahagia. Pengorbanan ternyata adalah salah satu hal sulit yang bisa mendatangkan kebahagiaan. Ga heran bokap saya ga pernah berenti untuk nyari penghidupan buat anak-anaknya, meski fisiknya udah ga sekuat dulu. Ayah saya adalah contoh sempurna buat saya, bagaimana berjuang untuk orang yang disayang itu mendatangkan kepuasan diri dan kebahagiaan.

Saya belajar banyak dari cerita ini. Dari kisah ini. Belajar memulai segalanya dari nol. Saya juga sadar, bahwa cerita ini masih jauh dari kata sempurna. Masih banyak lubang disana sini. Saya juga masih payah, jauh dari yang lain. Saya juga ga pernah merasa punya bakat menulis, yang saya tau, saya suka menuangkan isi kepala saya ke dalam kata-kata. Dan untuk sebuah hobi, saya sudah terjun terlalu dalam. Ckckckck.

Saya mesti banyak belajar lagi. Tapi kata temen saya, berproses adalah belajar. Jadi saya mau ngelakuin proses sebanyak-banyaknya, untuk belajar banyak juga^^

Nah, untuk itu, saya ucapin terima kasih banyak untuk yang telah membaca cerita ini. Untuk yang komen, yang kirim grp, yang selalu semangatin saya, yang nungguin dengan sabar sampe dua tahun. Gilaaa, saya kayak cowok brengsek yang kabur-kaburan, sementara kalian pacar saya yang setia. Myahahahaha. Terima kasih untuk semuanya, hal-hal yang berharga itu ga akan bisa saya lupain. Maaf karena sering bikin kecewa, dan terima kasih lagi, untuk kesempatan yang masih diberikan.

Saya ucapin terima kasih banyak untuk Spartan, grup tempat saya bernaung dan berceloteh tiap harinya, atas dorongan semangat, sampe ledekan karena ga pernah tamat. Ini udah tamat satu coy! Lalu untuk temen-temen lama saya, yang udah kasih kesempatan untuk maafin saya atas segala hal mengecewakan yang saya lakuin dulu. Yang rusak emang ga pernah bisa kayak baru lagi, tapi kalo diperbaiki, seenggaknya masih bisa digunakan kembali. Hazek. Untuk temen-temen baru, yang dipertemukan karena rencana semesta.

Untuk kalian, yang membaca cerita ini. Saya mah ga ada apa-apanya tanpa kalian. Semacam remah gorengan. Justru karena pembaca, saya jadi berarti. Bentar, lebih tepatnya, kita semua berarti. Kita adalah teman yang berada di bawah langit yang sama. Terhubung oleh kata-kata.

Oh iya, kalo boleh, saya minta kalian tulisin kesan dan pesan kalian ya selama membaca cerita ini dari awal sampe akhir. Ga mesti panjang kok. Saya selalu suka membaca komentar kalian. Bukan untuk berbangga diri, cuma rasanya jadi ada bahagia terselip ketika saya baca-baca komennya.

Terima kasih atas waktunya, dan kesempatan yang diluangkan. Semoga kita bisa ketemu di persimpangan takdir di depan sana. Ngopi-ngopi sambil bercerita tentang banyak hal. Tentang kehidupan, beserta isinya.






Salam ga super,
hellondre
 
cerita paling bikin baper dan bikin penasaran , dan juga banyak pelajaran yang bisa diambil dari cerita ini dan pesannya ditunggu cerita lainnya suhu.....
 
The best story that I ever readd! Thanks bro BS atau bro andre. Sangat menyentuh dan benar2 cerita dewasa. Ane ngikutin dari pertama rilis, sering nunggu2 kapan updatenya. Mungkin ini yg namanya persimpangan takdir, ketemu pas cerita ini tamat. Terus berkarya dan menginspirasi org lain bro, wlpn bukan motipator super wkwkwk
 
Hmmmmmm
Kalo yang punya cerita merasa remah gorengan,, hamba yang cuma baca ini ga lebih dari jelaga di penggorengan nya Om ndre,,,

Salut sama ini cerita,,
Salah satu yang terbaik kalo menurut ane,,

Ramuan cerita yang mengandung hal yang kocak, serius, seru, sedih, kehilangan, semangat untuk bangkit,,
Ane yakin sedikit banyak menginspirasi para pembaca di sini untuk maju dan lebih baik,,

Ah wes ah,, super sekali Om ndre,,
Triple tjadas
:jempol::jempol::jempol:

Terima kasih banyak sudah berbagi cerita yang keren ini,,
Sampai Jumpa di cerita selanjutnya
:beer:

Wassalam
:haha:
 
Terima kasih banyak Suhu untuk cerita nya..banyak pelajaran yg bisa dipetik..maaf nubi ga pandai berkata2..sekali lagi TERIMA KASIH..
 
Bimabet
gak ada rencana season 2 nya suhu? berasa gak rela aja cerita sekeren ini harus berakhir, but terima kasih atas cerita yang warbiasyah ini,,,
 
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd