Agen Terpercaya   Advertise
 
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

8 tahun pacaran & 7 tahun berumah tangga yang diambang perceraian.

Status
Thread ini sudah dikunci moderator, dan tidak bisa dibalas lagi.

silentscream

Adik Semprot
UG-FR
Daftar
6 Jul 2011
Post
141
Like diterima
67
Bimabet
Selamat pagi suhu, mohon maaf jika cerita dan sharing ane ini agak panjang karena ane bener2 depresi dan kalut atas musibah yg tiba2 terjadi di keluarga ini ane, pernikahan ane diambangperceraian, Istri tiba2 minta cerai.

Ane dan istri sudah melewati 8 tahun pacaran dan 7 tahun menikah, kita sama2 anak pertama di keluarga besar dari Jawa Timur, kita mulai pacaran sejak ane masuk kuliah dan bini kelas 2 sma.

Saat ini ane kerja sebagai karyawan dgn jabatan lumayan di perusahaan swasta sementara bini juga kerja sebagai karyawan dgn jabatan lumayan di anak perusahaan bumn.

Selama ini ane dan bini selalu rukun bersama, meski ga terlalu romantis dan belum dikaruniai momongan namun kami berdua selalu berusaha saling memahami dan saling melengkapi satu sama lain. Sejak awal pernikahan ane dan bini sudah bikin komitmen bahwa gaji ane utk nyicil rumah (80% dari gaji ane abis utk cicilan rumah), dan utk urusan operasional rumah dan ngisi rumah bini ane yg tanggung. Ane memang ga kasi bini duit cash bulanan, tapi tiap kali ane ada rejeki lebih selalu ane kasih ke bini, dan tiap kali kita jalan2, makan, nonton, belanja dan bayar2 listrik atau yg lain lebih sering ane yg cover.

Pengorbanan bini yg paling ane inget itu waktu bunga cicilan rumah tiba2 melonjak naik dan bikin 90% gaji ane abis tuk cicilan rumah, bini ane tiba2 ngebom/ngebail out/bayarin sebagian hutang pokok kredit rumah ane (Rp 400an jt) supaya cicilan rumah turun lagi dan ane ga ngos2an cari tambahan buat cover itu cicilan.

Pertengkaran hebat diantara kami terhitung juarang, hanya 3x yg terjadi selama pernikahan kami.

Yg pertama saat ane diambang pemecatan kantor lama di tahun 2016, krn kantor akan dilikuidasi sementara bini minta jalan2 ke LN, yg disebabkan krn bini iri dgn teman2nya yg bisa jalan2 ke LN (catatan th 2013 ane dah ngajak bini jalan2 ke LN krn saat itu keuangan kami lumayan stabil, dan setiap tahun setidaknya kita luangkan waktu tuk jalan2 bersama di dalam negeri), saat itu ane kena depresi yg pertama dan hampir ane mau bunuh diri dgn loncat dr lt 31 kantor ane, namun dia dtg dan kita saling minta maaf sambil nangis di kantor.

Yg kedua saat kami, ortu ane dan adek ane ke LN th 2017 utk menghadiri wisuda adek ane, saat jalan2 ke mall tiba2 bini ane marah dan teriak2 sambil nunjuk2 ane (didepan Ortu ane) krn merasa ane selama ini ga nafkahin dia, saat itu ibu ane sampe nangis kenapa sikap mantunya (bini ane) kaya gt ke ane, namun alhamdullilah semua bisa diselesaikan dgn damai dan kita saling minta maaf.

Nah pertengkaran yg terakhir ini yg paling kacau dan bikin ane depresi berkepanjangan.
Awal lebaran kemarin krn harga tiket pesawat yg melonjak naik dan kebetulan bini ane ada penugasan di cirebon pas hari H lebaran dan di Madiun pas H+6 lebaran di madiun, ane ngusulin tuk naik mobil aja mudik ke jawa timur.
Selama perjalanan lebaran semua berjalan mulus tanpa ada masalah.
Saat di sby ane baru tahu bahwa ada sobat ane lama di Jogja yg baru meninggal, dan ane bertekad utk ziarah ke makamnya sekalian silahturahmi ke saudara2 ane di jogja. Saat itu ane ijin bini tuk ke jogja dan akan jemput bini di solo di H+7 lebaran dan selanjutnya kita balik ke jkt via tol.
Saat itu bini ga ada masalah dan bilang akan ke madiun bareng ortunya (mertua gw) di H+5 Lebaran. Pas ane mau berangkat nyokap ane ga tega ane berangkat sendirian dan karenanya nyokap mau nemenin (nyokap saat ini single parent krn cerai dari bokap akhir tahun lalu). Sesampainya di madiun (H+6 lebaran) kita tetep happy2 jalan, makan kaya biasa.
Ada insiden kecil saat itu dimana bini kena diare krn kurang tawar dgn makanan di madiun, sempat ane kasih obat dan dia ngomong sudah baikan.
Hari H+7 lebaran, saat pagi sarapan di hotel kita berdua, mertua dan nyokap gw juga masih dlm kondisi happy dan becanda2.
Setelahnya gw pamit berangkat ke jogja via solo tuk ziarah dan ketemu sodara dan rencanany sorenya ane jemput bini di solo tuk pulang ke jkt, bini ngomong kalau minta dijemput di stasiun jam 5 krn kreta dari madiun ke solo sampe di solo jam 5 pas.

Selama perjalanan ke jogja dan sampe ane selesai ketemu sodara ane ga ada firasat apa2 ( gw di jogja cuma 1 jam) dan bini ane juga ga ngomong apa2. Sampe pas gw nyetir balik ke solo (jam 3.30), bini minta gw ontime ketemu di solo jam 5 dgn nada agak tinggi, jujur ane panik dan nytir dah kaya setan, sepanjang perjalanan bini selalu nelponin ane sampe batre hp Ne abis, dan ganti nelpon ke nyokap. Sampe dititik dimana ane kalut lantas telp mertua ane minta tolong agar bini ane ditenangkan, ane masih nyetir secepatnya ke solo. Yg bikin ane tambah panik jalanan jogja - solo ternyata macet parah, ditambah banyaknya traffic light yg bikin perjalanan ane kesendat.

Jam 5 bini ane wa ke nyokap bahwa dia -maaf cepirit, dan memutuskan buka kamar di hotel utk istirahat. Ane saat itu tetep nyetir secepat mungkin tuk sampe (meski ternyata tetep telat 2 jam dr jadwal seharusnya). Pas ane dan nyokap sampe di hotel ane lihat bini di toilet dan dia pasang muka kesel.. ane ngomong "kamu sakit ya beb, yuk ke dokter sekalian kita cari makan, aku dan ibu belum makan dr siang"
Lantas dia ngamuk2 "kamu kemana aja, janji dtg jam 5 telat 2 jam, aku ini sakit, diareku tambah parah, ini pasti ada yg nyetanin kamu utk lama di jogja" sambil bini lempar dompet ke muka ane dan mukul2 ane didepan nyokap..
Nyokap kaget dan ngomong "loh loh loh nak, kamu kenapa toh, kok ngamuk2 kaya gitu, istigfar nak... kamu kenapa kok jadi ngamuk kesetanan gini"
Bini makin ngamuk sambil nunjuk2 ke nyokap "ibuk yg setan, udah ibuk pergi aja.." sambil kabur keluar kamar hotel dan pergi ke lobby bawah.
Ane panik krn nyokap nangis, ane yg jd anaknya aja gapernah sekasar itu ke nyokap, dan ane jg gapernah sekasar itu ke mertua...
Stelah nyokap agak tenang, ane turun ke bawah nemuin bini ane dan bawa dia ke RS, dan diagnosa dokter bini diare dan dehidrasi sehingga harus opname, ane urusin dah itu semua administrasinya sampe selesai. Trus balik ke hotel untuk nenangin nyokap. Nyokap saat itu dah pesen tiket kereta balik ke jatim dan mibta dianter ke stasiun, ane anterin dan selanjutnya ke RS lagi tuk ngerawat bini.

Besok siangnya mertua dtg ke RS ngamuk2 nyebut ane mantu yg ga punya hati ninggalin istri sakit dan malah milih ketemu sodara yg lain, nyebut ane ga pantes jadi imam yg baik buat anaknya dll. Ane cuma bisa diem dan minta maaf. Tapi mertua dan bini ga brenti nyerocos sampe akhir ya bini ngomong dah capek rumah tangga ma ane dan mau ngajuin gugatan cerai.
Mertua juga bukannya ngademin malah makin ngomporin, bahkan mertua dtg ke rumah nyokap tuk minta agar ane cerai ma bini sambil nyerahin balik cincin kawin dari bini.

Sekarang bini memang masih tinggal 1 rumah ma ane, tapi bini milih pisah kamar dan gamau ngomong sama sekali ma ane, bahkan bini dan kasihkan ktp, kk dan buku nikah ke mertua tuk diajukan gugatan cerai hari ini.

Jujur ane bener2 depresi ngadepin ini semua, ane kalut, dah dah coba ngomong baek2 ma bini tapi dia tetep dingin dan keukeuh tuk cerai...
Ane ga ada putus2nya ngadu ke Allah supaya ane bisa rujuk lagi ma bini, tp bini tetep dingin dan gamau sama sekali ane ajak ngomong.

Mohon saran dan solusi suhu... terima kasih.
 
Aduhhh oommm 😭😭😭 ..
Inii kenapaa kok emosinya tiba tiba meledak ledak kek gitu.
Coba deh om omongin 4 mataa intenss ada apa toh kok sampe gitu.
Akar masalahe harus tau.


Takutnyaa itu omongannya bino ente cumaa muncul dari rasa marah sesaat.
Pertahanin om pertahanin.
Tapi menurutku itu cuma keluar dari emosi sesaat ajaa..
 
Waduuuh runyam juga gan baca ceritanya. Tetep semangat dan jgn putus asa gan buat pertahanin kluarganya
Semua bisa di bicarain dgn tenang,mungkin wife msh emosi dan ga tau cerita sebenernya apa yg agan alami slm perjalan.
Pln2 pasti wife mau ngobrol sm agan dan ane doain ga ada perceraian
 
Kalo ortu/mertua udah ikut campur bakalan makin tewur. Kalo masih di diskusikan ya monggo di coba dengan syarat harus fair2an. Ortu/mertua di larang ikut campur/mempengaruhi. 15 th bersama itu bukan waktu yg sebentar, sayang aja kalo bubar jalan.
 
Kasian mamah nyaaa ... Dimana mana suamii ituuu yang di duluiiin ttp ibuuu ... Bukan istriii ...

Kalo istrii yaaa ke suamii bukan ortu ...

Lagiaann istrii blaguu gtu cobaa gak kerjaaaa ***k berpenghasilan .. Pasti nurut sama suamii ...
Jangan hanya mikirin gengsi ..
 
Di dalam rumah tangga biasanya kl jarang ada pertengkaran.sekali ada masalah pasti bisa berujung perceraian...meskipun itu dilihat cm hal sepele kl menurut saya....apalagi kl sdh ada campur tangan orang tua.wah runyam deh....saya sdh 13 THN menikah...dan mungkin ente heran karena saya dan istri itu berantem kaya minum obat sehari 3-4x.....dan rata2 karena mertua saya....saran saya,ajak bicara empat mata,saling introspeksi,mungkin waktu nunggu di stasiun istri ente memang lagi sakit2nya.minta ditemenin dan diperhatiin sama suaminya.....dan ente berdua sama2 kerja....LBH banyakin waktu me time nya...untuk masalah keuangan.juga bisa di omongin baik2...
 
Maaf gan ikut nimbrung
Klo bagi ane bini agan dah kebangetan ngatain ibu ente "setan".Misalkan orangtua atau mertua yg salah tetep hal yg salah kalau kita mencaci maki mereka.Apalagi sekilas dari cerita ente ibu ente tdk salah apa2 ,cuman mau nenangin bini ente waktu itu.Yg jelas tidak ada katanya "mantan orang tua" kalo "mantan bini atau mantan mertua " msh ada.
Jadi saran saya sdh lepasin aja bini ente yg tdk menghargai ortu ente.
Nggak usah depresi gan, apalagi ente msh kerja, dan blom punya anak.
Jujur kalo ane diposisi ente, nggak bakalan mikir 2x buat nglepasin bini yg sdh berani menghina orang tua kita,walaupun ane dah punya anak juga.
Surga dibawah telapak kaki ibu gan.
 
Seperti nya pokok masalah nya karna iri dengan kondisi rumah tangga teman2 wf,sedang masalah yg lain sebagai pemicu kembali dari perasaan wf. Ane ikut prihatin hu, moga ada jalan terbaik deh syng udah 15thn bersama. Cari solusi terbaik berdua tanpa campur tangan ortu/mertua.
Keep strong ,km cowo ada tanggung jawab yg lbh besar....Ibu mu
 
kl menurut ane coba agan diskusinya sama mertua dulu ,kl dari yang minta cerai di sisi bini artinya dia lebih ke danger zone drpd mertua dari mertua baru kebini

btw, bininya ini tempramen atau emang gampang mood swing ya? kok bisa cepet banget berubah gitu , waktu pacaran keliatan ga begitunya gan?

semoga cepet selesai , yang pasti harus ada penengah yg netral gan antara kalian .Kuncinya satu sebelum nemu penengah yg netral ente harus ingat dan sabar jangan malah kebawa emosi karna pihak ke 3 yg bisa ngademin kalian blm ketemu (mertua malah ngomporin)
 
Terima kasih suhu2 sekalian.
Sebagai informasi selama ini ane hidup bareng bini bisa dibilang beruntung dgn rejeki yg alhamdullilah melimpah, ada jabatan, banyak kenalan dan punya pendidikan bagus di usia kita saat ini (ane 33th S2, bini 30th S2, memiliki hunian dan masing2 ada kendaraan sendiri), kita berdua ga pernah sampai kekurangan atau ngerasain kelaperan.

Kekurangan ane selama ini yg ane pahami lihat dr caci maki bini dan mertua ke ane adalah, ane gabisa jd imam yg baik krn less religious person dan cenderung agnostik, ane sering nyalurin hobby (padahal dana utk hobby itu ane cari dari jual2an barang di tokped, ga ngambil pos dari gaji) dan ane juga lagi nabung utk proses nikahan adek kandung ane yg bakal digelar agustus besok maupun untuk insem/bayi tabung ane ma bini.

Yg ane sesalkan mertua seolah2 kaya mendukung proses cerai ini, dan sama sekali ga mau denger permintaan maaf, meski ane dah merendah serendah2nya.

Selain itu bini ngomong seolah2 ane ga pernah ada baiknya yg selalu menempatkan dia sbg second layer dari keluarga dan terutama nyokap ane, bini menganggap dirinya udah kaya pembantu ane (krn ane sering minta bini tuk ambilin sesuatu atau beresin meja makan dan piring pasca kita makan) dan bini nganggep dirinya kaya atm ane krn barang2 perabot rumah dia yg beli bukan ane.

Sumpah gw kepikiran terus... sering kebangun tengah malem dan nangis sendiri....
 
Terakhir diubah:
klo menurut ane yg hnya punya pengetahuan tanpa blum praktek mah mah,, tata ulang dari awal ,d usahan ngobrol baik,,makan d tempat yg bikin bini seneng baru ngobrol.. ngobrolin tujuan awal nikah apa, fondasi nikah apa,pilar nikah apa .. klo menurut ane,walaupun bukan tempat yg pas buat ngomongin agama,tp klo urusan sama pernikahan harus balik k agama.. tujuan utama nikah itu buat ibadah,meneruskan keturunan itu usaha dan ibadah jg,dan mencari ketenangan /saling berbagi.. fondasi nikah itu ajaran agama,komunikasi,dan saling menyayangi,menghgai, pilar nikah itu ada d ruang ibadah(saling mengingatkan beribadah,)ruang dapur(masalah keuangan dan materi),ruang keluarga (saling berkomunikasi ngobrol dan mendidik anak) ruang tidur (saling berbagi kesenangan d ranjang) dan ruang teras (berinteraksi dengan selain istri dan anak)..klo fondasi ataupun pilar ada yg salah, kemungkinan ada aj masalah yg timbul nya..seperti halnya rukun islam dan iman ,wajib komplit (untuk muslim) .. dan posisi merua ,orang tua itu ada d teras ,tdk bole tw urusan yg d dalam rumah klo tw d khawatirkan akan membuat runyam kecuali mertua/orang tua yg bijak agama dan dunia nya.. terakhir semua masalah pasti ada tujuannya,semua masalah pasti ada pemecahannya tp ingat lelaki d larang /pantang untuk depresi. tanda depresi karena jauh dari agama. .forum semprot memang gelap,tp gmn kita memaknai kegelapan tsb untuk melengkapi yg terang.. semoga suhu dan bini suhu dpet keluar dari masalah dengan senym yg tersungging d bibir..
 
Menurutku gabisa sih om .
Namanya kalo pasangan itu seperti tag team kalo main WWE ya.
Harus saling ngisi, kalo lagi sekarat di pukulin ya harus di bantuin.
Kalau mau seneng ya bareng bareng kalo susah ya bareng bareng.
Dapet pride bareng bareng .


Saling mengisi.
Seperti mimi dan mintuno .
 
maaf sbelumny om, msukan aj, intinya msalah waktu, mst bner"dngin , stuasiny pst sulit skarang buat obrolin sm wifeny, hnya ksabaran yg bs luluhin smua.... jgn push di alasan knapa at ap, bkanya durhaka tp ttup dlu msalah yg jd pemicu baik k om at k ibu om, intiny bahas hbungan klian skarang ma kdepanya, liatin lg foto"prnikahan at pas lbaran kmaren sbelum kjadian... bnyaklah om pst tau ksukaan wife, mkanan, tntonan , gift at apalah... trus brusaha, mngalah buat prtahanin prnikahan smp ttik yg om g than skalipun trus bjuk, trus comunicate... hsilny srahin sm yg di Atas :beer:
 
saat ini ane pelan2 coba ngomong ke bini, selalu minta maaf dan minta dia mempertimbangkan kembali keinginan tuk cerai itu.
Ane sudah sampaikan di depan bini dan mertua bahwa ane selalu syg ma bini, dan sampe kapanpun ga bakal mau cerai.

Tapi tetep bini dan mertua beneran keukeuh mau ane dan bini pisah, bahkan saat gw dah beliin dan siapin makanan buat mereka, disentuh aja engga sampe basi mubazir. Saat mertua mau pulang via soetta kmaren mereka gmau ane yg anter dan malah manggil adik ipar dan suaminya buat anter dr rumah ke soetta. Sampe sebegitunya mereka benci ke ane. Bahkan yg bikin ane sedih bini sempet ngomong kalau nyokap sebenernya baek2in bini krn tau pas tua ntar bakal nyender ke keluarga ane, krn ga gitu akur ma adek ane. Astagfirullah hal adzim... dapet bisikan datimana coba bini gw sampe ngomong sejahat ini, padahal sebelumnya ya ga ada masalah ma nyokap malah sempet nonton sidoel the movie bareng ....

Ane bbrp hari terakhir coba merenung dan berkaca lagi dari background yg mungkin turut mempengaruhi kejadian ini kok bisa sampe mledak kaya gt.
Mulai dari thesis bini ane yg ditolak dosennnya sampe 3x, sementara dia harus sidang tgl 20an bsk atau kena DO. Ibu Mertua yg kapan lalu didiagnosa ada bibit kanker rahim, bapak mertua yg saat ini udah pensiun, nyokap ane yg baru divorce, adek ane yg bakal merried agustus dpn,
Kita kadang berantem dan kok ya kebetulan hampir selalu didepan nyokap ane dan hal itu jd disampaikan ke mertua, ane dan bini dah lama ga ml meski kita sering happy bareng entah jalan2 ke aeon, ikea, nonton, atau cuma masak2 dirumah, dll.

Ane sendiri sebagai laki2 dan kepala keluarga selalu berusaha memberi contoh dan kasih pengertian ke bini, tp seringnya malah mental dan bini ane yg bikin masalah dsn ane selalu bisa maafin dan ga sampe berlarut2.

Soal nyokap ane, nyokap tinggal di sby, dan sesekali ke jkt utk jengukin ane dan adek ane (adek tinggal terpisah dgn ane). Ane skr cuma bisa bedoa ngadu ma Gusti Allah supaya ada mukjizat dan hati bini serta mertua bisa melunak dan jadi rukun lagi...

Ni ane skr di kantor ga fokus, meski deadline lagi gila dan semua kaya kasi pressure tembahan ke ane....
 
Bimabet
kl menurut ane coba agan diskusinya sama mertua dulu ,kl dari yang minta cerai di sisi bini artinya dia lebih ke danger zone drpd mertua dari mertua baru kebini

btw, bininya ini tempramen atau emang gampang mood swing ya? kok bisa cepet banget berubah gitu , waktu pacaran keliatan ga begitunya gan?

semoga cepet selesai , yang pasti harus ada penengah yg netral gan antara kalian .Kuncinya satu sebelum nemu penengah yg netral ente harus ingat dan sabar jangan malah kebawa emosi karna pihak ke 3 yg bisa ngademin kalian blm ketemu (mertua malah ngomporin)
Emang kalooof swing kenapa Gan...? Spt apa/bgmn solusi nya memang kalo ternyata mood swing...?
 
Status
Thread ini sudah dikunci moderator, dan tidak bisa dibalas lagi.
Jav Toys
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd