Agen Terpercaya  
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

ASK Skizofrenia & Risperidone

Status
Thread ini sudah dikunci moderator, dan tidak bisa dibalas lagi.
User di-banned, maka konten otomatis dihapus.
User is banned, content is deleted automatically.
 
semoga bisa sembuh
atau mungkin jadi terkendali, walau penggunaan obat harus jangka panjang, ya minimal target jadi terkendali dulu.

kalau obat ada efek samping, ya kembali ke dokter yang merawat, diskusikan efeknya, kalau memungkinkan carilah 2nd opinion dari dokter lain.
 
jadi inget film beutiful mind

bisa belajar memahami mana yang real mana yang bukan, dan menerima kenyataan itu
 
sependek pengetahuan ane..
Skizofrenia termasuk gangguan mental yang levelnya lebih berat dari pada gangguan mental lain spt fobia, trauma, atau sekedar ejakulasi prematur. Kalau gangguan mental sudah di level yang berat, maka yang terdampak tidak hanya emosi atau pikiran, tetapi juga aspek fisiologis atau biologis, oleh karena itu perlu terapi medis.

Jika dokter meresepkan obat, sebaiknya pasien tidak menghentikan pengobatan atas inisiatif sendiri, alias penghentian pengobatan atau penggantian obat sebaiknya atas saran dokter. Kalau ada keluhan karena obat, sebaiknya dilaporkan ke dokter; mungkin saja keluhan tersebut adalah efek samping obat yang bersifat sementara.

Gejala tangan membentuk huruf L atau gerakan-gerakan lain yang kaku disebut katatonis; ini salah satu bentuk skizofrenia.

Saat seseorang sudah stabil secara fisik dan gejala-gejala mental relatif terkedali, terapi sebaiknya dipadukan dengan terapi yang bersifat psikologis
 
User di-banned, maka konten otomatis dihapus.
User is banned, content is deleted automatically.
 
Semoga adiknya cepat sembuh bro topi..
Kalau menurut cerita bro, kayaknya adik bro benar2 kena sakit trauma..mgkin bisa diajak liburan dulu bro, kepantai atau ke pegunungan biar menyebarkan pikiran dulu..pokoknya aja ke tempat yg tenang dulu ..semoga membantu .🙏🙏
 
Ijin menyimak...

Smoga bs dilakukan pendekatan lebih mendalam ke adeknya...
Sblm terlambat, dan tetap smngat
 
Ijin menyimak, semoga lekas diberi kesembuhan buat adiknya, jangan pernah lelah berjuang buat kesembuhan adiknya ya bro . .
 
Smg adiknyaa cepet sembuh bro.

Dan butuh support utk meyakinkan spy ilang rasa takutnya.

Btw jatengnya daerah mana?
 
Permisi suhu-suhu yang ada dimari, maaf sebelumnya saya ingin bercurhat sedikit mengenai kondisi adek saya.

Sebelumnya untuk perkenalan, saya merupakan anak pertama dari ketiga saudara. Nah dari ketiga saudara saya, adek saya yang pertama (anak kedua) termasuk anak yang paling ceria dibandingkan saya ataupun adek bungsu saya.

Bisa dibilang tiap kali ada orang asing lewat, pasti adek saya ini selalu menyapa duluan... Berbeda dengan saya atau adek bungsu saya yang terkesan cuek.

Nah, masalahnya... Adek pertama saya ini termasuk orang yang gampang kepikiran... Pernah suatu waktu menjadi perwakilan lomba catur disaat SD... Sayangnya adek saya ini kalah lomba, pas di rumah adek saya gak mau makan sama sekali.

Masalah kedua, adek saya ini banyak banget mengalami berbagai pengalaman buruk seperti di bully temannya... Sebenarnya gak di bully juga sih, cuma becandaan anak-anak semisal dorong-dorongan sampai jatuh terus didudukin... Masalahnya adek saya malah ngambil hati... Ia terluka dan menjadikannya trauma berkepanjangan.

Masalah lainnya, sama seperti saya ataupun adek bungsu saya... Kami bertiga termasuk orang-orang yang berkepribadian introvert... Jadi kami jarang banget cerita kalau ada masalah, kami cenderung menyimpannya sendiri dan itulah awal mula dari kesalahan kami sebagai keluarga.

Saya, adek bungsu saya dan kedua orang tua saya mengira adek saya ini biasa-biasa saja... Ya dikira sama lah kaya anak-anak seumurannya... Adek saya ini juga termasuk orang yang cerdas karena sangat memahami bahasa Inggris... Bahkan bahasa Jepang pun paham walau masih tergolong pasif.

Ternyata dibalik diamnya adek saya... Ia menyimpan berbagai kenangan buruk yang mengakibatkannya trauma berkepanjangan.

Bahkan adek saya pernah gak naik kelas sewaktu SMP... Sewaktu adek saya minta disekolahkan yang jauh pas SMA-nya... Baru beberapa hari disana, adek saya udah dipulangkan karena kejang-kejang tiap kali mendengar bahasa Jawa... Padahal rumah saya berada di Jawa Tengah yang otomatis banyak orang berbahasa Jawa.

Akhirnya ayah saya memilih untuk mengistirahatkan total adek saya di rumah... Nah, 5 tahun berlalu, tepatnya beberapa hari belakangan ini... Tiba-tiba adek saya merasa ada seseorang yang menganggu dirinya... Kaya ada orang yang membisikinya gitu... Akhirnya karena panik, adek saya minta untuk tinggal di rumah mbah sementara.

Nah, selama waktu rehat di rumah kan... Adek saya cenderung kaya mengurung diri yah... Jadi sering banget di dalem kamar... Paling keluar kamar cuma buat makan, ke kamar mandi atau kebutuhan lainnya.

Pas di rumah mbah, adek saya jadi aktif... Suka bantuin mbah nyapu, nyuci baju bahkan suka bantuin mijitin mbah... Ayah saya sampai senang melihat perkembangan adek saya... Saya sebagai anak tertua pun ikut senang melihat senyum di wajah ayah saya ketika menyadari perkembangan adek saya.

Namun ternyata, kesenangan kami sebagai keluarga tidak bertahan lama... Sewaktu malam, Tiba-tiba adek saya berkata pada om saya yang kebetulan tinggal bareng mbah saya... Adek saya bilang kalau di teras rumah ada seseorang... Tapi pas om dan mbah saya melihatnya, gak ada siapapun disana... Masalah semakin diperparah ketika adek saya bilang di lantai dua rumah ada dua orang laki-laki berkulit sawo matang dan bermasker, dan dua orang itu berkata kalau penderitaan adek saya mau diakhiri... Adek saya harus bunuh diri... Kebayang gak paniknya om saya dan mbah saya sewaktu denger penjelasan adek saya ? Nah sepupu saya bilang, di lantai dua gak ada siapa-siapa... Kami pun awalnya menduga kalau adek saya diganggu oleh makhluk halus gitu lah... Esoknya langsung, kami merencanakan untuk merukiyahnya.

Kan sudah dijadwalkan waktu untuk rukyah itu setelah dhuhur... Eh pas jam 11 siangnya, Tiba-tiba ayah saya ditelpon tante saya... Ayah saya pun terlihat panik... Pas saya tanya kenapa, rupanya tante saya melihat kalau adek saya sudah menyiapkan tali rafia untuk menggantung dirinya... Buru-buru ayah saya kesana dan tim rukyah pun datang untuk mengobati adek saya.

Sempat muntah juga pas di rukyah... Tubuhnya pun tegang gitu, bahkan 6 orang lelaki dewasa tidak mampu untuk memeganginya ketika berontak saat di rukiyah.

Untungnya setelah di rukiyah, tubuhnya melemas... Perlahan tubuhnya gak berontak lagi seperti disaat rukiyah tadi... Mbah saya yang khawatir dan tidak sanggup menjaga adek saya akhirnya meminta ayah saya untuk memulangkan adek saya kembali ke rumah.

Awalnya kami kira masalah sudah selesai setelah adek saya di rukiyah... Ehhh adek saya bilang kalau ada orang di luar yang suka ngejek dia... Kami melihat ke luar ternyata gak ada orang sama sekali... Bahkan saya dan adek bungsu saya dituduh sebagai salah satu yang suka ngejek-ngejek dia... Adek saya juga suka dengerin suara-suara aneh dan itu pun berkelanjutan tanpa henti... Adek saya keliatan stress gitu sambil menutupi kedua telinganya... Ia pun berkata pada ayah saya.

"Tolong Do'akan aku biar cepet mati"

Jelas ayah saya panik dengernya... Apalagi setelah itu ia kaya cari-cari cara buat mengakhiri hidupnya... Mulai gantung diri lah, racun tikus lah, minum pewangi pakaian lah bahkan loncat dari lantai dua juga sudah ia pelajari di internet... Untungnya saya sempat memergoki history hapenya yang berisi dirinya ketika mencari-cari cara seperti itu.

Ayah saya sampai nangis... Ibu saya sampai nangis untuk menyadarkan kalau bunuh diri itu gak menghilangkan rasa capek yang adek saya rasakan... Nanti sakitnya lebih kerasa di neraka nanti.... Tapi adek saya kekeh nolak... Adek saya pun meminta memanggil polisi karena ia merasa ada orang-orang yang terus mengganggunya... Akhirnya ayah saya pun pergi untuk menuruti keinginannya.

Saya, ibu saya dan adek bungsu saya menemani adek saya ini di kamarnya... Adek saya cuma tiduran menatap kosong ke langit-langit rumah.

Tiba-tiba . . . .

Adek saya menatap ke saya... Ia pun berkata "Mau sampai kapan kaya gini terus mas ?" Saya pun berkata "Ada apa ? Mas kenapa ?" Adek saya bilang "Mas suka ngejek aku di reddit kan ? Itu mas kan ?" Saya pun menjawab "Bukan dek... Mas aja gak punya Reddit... Itu bukan mas" Setelah itu adek saya kaya mereda gitu "Oh bukan yah ? Maafin aku yah mas... Aku juga gak tau kenapa aku kaya gini"

Sejak saat itu, adek saya kaya membaik... Kami pun mengobrol bareng tentang kenangan lama kami... Untuk pertama kalinya setelah sekian tahun, ibu saya, saya, adek bungsu saya ngobrol bareng di kamar itu... Sejak saat itu keinginan untuk bunuh diri adek saya hilang... Seneng sih rasanya, apalagi setelah ayah saya membelikan obat penenang sehingga malam itu adek saya bisa tidur dengan tenang.

Esok malamnya, Tiba-tiba adek saya jalan sendiri ke depan rumah... Saya pun berkata "ada apa ?" Adek saya yang introvert berkata "gak ada... Gapapa" Katanya dengan wajah tegang seolah mencari sesuatu.

Saya dan keluarga pun waswas, saya menduga wah pasti ada kenapa-kenapa nih... Akhirnya setelah dibujuk, adek saya mau ngobrol... Katanya menurutnya, ada seseorang yang meminta duit ke adek saya... Orang itu terus meminta duit, adek saya pun bilang orang itu gak akan muncul kecuali adek saya sendiri yang menemuinya.

Akhirnya setelah dibawa tenang dan mau tidur... Ayah saya bercerita kalau adek saya emang punya banyak kenangan buruk di masa lalu... Bahkan sewaktu tragedi kejang saat denger bahasa Jawa itu... Rupanya ada salah satu guru SMA nya yg marahin dia terus pake bahasa Jawa... Mungkin karena itu, adek saya yang baperan dan gak bisa dimarahin ini trauma kali yah... Sampe kejang gitu 😢

Saya pun mulai menduga... Ini bukan cuma kesurupan... Kebetulan saya suka banget liat film tentang hacker gitu... Dan biasanya tokoh protagonis disana mengidap skizofrenia... Setelah saya baca artikelnya, gejala-gejala di adek saya emang cocok dengan penyakit skizofrenia ini.... Saya pun menduga, Jangan-jangan di masa lalu ada seseorang yang malak adek saya kali yah makanya di pikirannya terngiang-ngiang kalau ada yang meminta duit ke dia... Jangan-jangan di masa lalu ada seseorang yang menyarankan adek saya bunuh diri kali yah makanya sewaktu di rumah mbah adek saya sempat didatengin orang yang katanya gitu.

Akhirnya kami pun mulai paham kalau orang yang katanya sering menganggu adek saya itu bukanlah jin atau sebagainya... Ya mungkin ada juga sih karena pas di rukiyah adek saya sempat muntah dan warnanya pun pekat... Tapi untuk masalah ini, gejala trauma di masa lalunya mulai berdatangan dan seolah adek saya merasa kalau itu tuh orang yang datang di sekitar rumahnya.

Langsung lah esoknya kami membawanya ke RSUD terdekat... Setelah berobat rupanya ada salah satu obat yang bernama risperidone... Nah ini yang mau ane tanyakan dari awal sampai akhir.

Sudah 3 hari belakangan semenjak adek saya berobat... Nah, setiap adek saya mengkonsumsi risperidone, kenapa yah tubuhnya jadi kejang gitu... Masalahnya untuk hari ini saja, adek saya cuma mengkonsumsinya pas pagi aja... Padahal aturannya pagi & siang... Tapi gejala kejang nya lebih parah daripada hari kemarin saat mengkonsumsinya pagi & siang.

Adakah suhu disini yang pernah mengalami hal yang serupa ? Soalnya kejang nya tuh parah banget... Tangan adek saya aja kaya Orang-orangan sawah yang membentuk huruf L ke bawah... Apa itu normal ? Atau adek saya memang gak cocok dengan obat itu... Sebenarnya ada sih obat dari dokter untuk menghilangkan gejala kram otot/kejang itu... Tapi aturannya cuma diminum saat malam aja... Sedangkan risperidone nya di pagi dan siang.... Apa yang harus saya lakukan ? Kadang gak tega tiap kali melihat adek saya kram otot tiap kali meminum risperidone 😢

Oh yah, ini juga sekaligus pembelajaran yah bagi orang tua ataupun seseorang yang mempunyai kenalan pendiam... Coba ditanyain, siapa tau orang itu punya kenangan buruk yang gak bisa ia ceritakan... Minta doa nya yah teman-teman agar adek saya diberi kesembuhan agar bisa hidup normal seperti dulu lagi 🙏

Klo ada kontra indikasi obat mungkin alangkah baiknya dikonsultasikan lgi ke dokter nya om.. spa tau ad alternatif obat lain yg lbih baik 🙏

Smpet hening bca kisahnya..
Turut prihatin juga..
Semoga adeknya lekas dikasih kesembuhan 🙏
 
klo bully, ane dari sd sampe pondok udh kena bully bukan bully mulut aja. plg parah sih di pondok. semoga ade masnya membaik
 
Permisi suhu-suhu yang ada dimari, maaf sebelumnya saya ingin bercurhat sedikit mengenai kondisi adek saya.

Sebelumnya untuk perkenalan, saya merupakan anak pertama dari ketiga saudara. Nah dari ketiga saudara saya, adek saya yang pertama (anak kedua) termasuk anak yang paling ceria dibandingkan saya ataupun adek bungsu saya.

Bisa dibilang tiap kali ada orang asing lewat, pasti adek saya ini selalu menyapa duluan... Berbeda dengan saya atau adek bungsu saya yang terkesan cuek.

Nah, masalahnya... Adek pertama saya ini termasuk orang yang gampang kepikiran... Pernah suatu waktu menjadi perwakilan lomba catur disaat SD... Sayangnya adek saya ini kalah lomba, pas di rumah adek saya gak mau makan sama sekali.

Masalah kedua, adek saya ini banyak banget mengalami berbagai pengalaman buruk seperti di bully temannya... Sebenarnya gak di bully juga sih, cuma becandaan anak-anak semisal dorong-dorongan sampai jatuh terus didudukin... Masalahnya adek saya malah ngambil hati... Ia terluka dan menjadikannya trauma berkepanjangan.

Masalah lainnya, sama seperti saya ataupun adek bungsu saya... Kami bertiga termasuk orang-orang yang berkepribadian introvert... Jadi kami jarang banget cerita kalau ada masalah, kami cenderung menyimpannya sendiri dan itulah awal mula dari kesalahan kami sebagai keluarga.

Saya, adek bungsu saya dan kedua orang tua saya mengira adek saya ini biasa-biasa saja... Ya dikira sama lah kaya anak-anak seumurannya... Adek saya ini juga termasuk orang yang cerdas karena sangat memahami bahasa Inggris... Bahkan bahasa Jepang pun paham walau masih tergolong pasif.

Ternyata dibalik diamnya adek saya... Ia menyimpan berbagai kenangan buruk yang mengakibatkannya trauma berkepanjangan.

Bahkan adek saya pernah gak naik kelas sewaktu SMP... Sewaktu adek saya minta disekolahkan yang jauh pas SMA-nya... Baru beberapa hari disana, adek saya udah dipulangkan karena kejang-kejang tiap kali mendengar bahasa Jawa... Padahal rumah saya berada di Jawa Tengah yang otomatis banyak orang berbahasa Jawa.

Akhirnya ayah saya memilih untuk mengistirahatkan total adek saya di rumah... Nah, 5 tahun berlalu, tepatnya beberapa hari belakangan ini... Tiba-tiba adek saya merasa ada seseorang yang menganggu dirinya... Kaya ada orang yang membisikinya gitu... Akhirnya karena panik, adek saya minta untuk tinggal di rumah mbah sementara.

Nah, selama waktu rehat di rumah kan... Adek saya cenderung kaya mengurung diri yah... Jadi sering banget di dalem kamar... Paling keluar kamar cuma buat makan, ke kamar mandi atau kebutuhan lainnya.

Pas di rumah mbah, adek saya jadi aktif... Suka bantuin mbah nyapu, nyuci baju bahkan suka bantuin mijitin mbah... Ayah saya sampai senang melihat perkembangan adek saya... Saya sebagai anak tertua pun ikut senang melihat senyum di wajah ayah saya ketika menyadari perkembangan adek saya.

Namun ternyata, kesenangan kami sebagai keluarga tidak bertahan lama... Sewaktu malam, Tiba-tiba adek saya berkata pada om saya yang kebetulan tinggal bareng mbah saya... Adek saya bilang kalau di teras rumah ada seseorang... Tapi pas om dan mbah saya melihatnya, gak ada siapapun disana... Masalah semakin diperparah ketika adek saya bilang di lantai dua rumah ada dua orang laki-laki berkulit sawo matang dan bermasker, dan dua orang itu berkata kalau penderitaan adek saya mau diakhiri... Adek saya harus bunuh diri... Kebayang gak paniknya om saya dan mbah saya sewaktu denger penjelasan adek saya ? Nah sepupu saya bilang, di lantai dua gak ada siapa-siapa... Kami pun awalnya menduga kalau adek saya diganggu oleh makhluk halus gitu lah... Esoknya langsung, kami merencanakan untuk merukiyahnya.

Kan sudah dijadwalkan waktu untuk rukyah itu setelah dhuhur... Eh pas jam 11 siangnya, Tiba-tiba ayah saya ditelpon tante saya... Ayah saya pun terlihat panik... Pas saya tanya kenapa, rupanya tante saya melihat kalau adek saya sudah menyiapkan tali rafia untuk menggantung dirinya... Buru-buru ayah saya kesana dan tim rukyah pun datang untuk mengobati adek saya.

Sempat muntah juga pas di rukyah... Tubuhnya pun tegang gitu, bahkan 6 orang lelaki dewasa tidak mampu untuk memeganginya ketika berontak saat di rukiyah.

Untungnya setelah di rukiyah, tubuhnya melemas... Perlahan tubuhnya gak berontak lagi seperti disaat rukiyah tadi... Mbah saya yang khawatir dan tidak sanggup menjaga adek saya akhirnya meminta ayah saya untuk memulangkan adek saya kembali ke rumah.

Awalnya kami kira masalah sudah selesai setelah adek saya di rukiyah... Ehhh adek saya bilang kalau ada orang di luar yang suka ngejek dia... Kami melihat ke luar ternyata gak ada orang sama sekali... Bahkan saya dan adek bungsu saya dituduh sebagai salah satu yang suka ngejek-ngejek dia... Adek saya juga suka dengerin suara-suara aneh dan itu pun berkelanjutan tanpa henti... Adek saya keliatan stress gitu sambil menutupi kedua telinganya... Ia pun berkata pada ayah saya.

"Tolong Do'akan aku biar cepet mati"

Jelas ayah saya panik dengernya... Apalagi setelah itu ia kaya cari-cari cara buat mengakhiri hidupnya... Mulai gantung diri lah, racun tikus lah, minum pewangi pakaian lah bahkan loncat dari lantai dua juga sudah ia pelajari di internet... Untungnya saya sempat memergoki history hapenya yang berisi dirinya ketika mencari-cari cara seperti itu.

Ayah saya sampai nangis... Ibu saya sampai nangis untuk menyadarkan kalau bunuh diri itu gak menghilangkan rasa capek yang adek saya rasakan... Nanti sakitnya lebih kerasa di neraka nanti.... Tapi adek saya kekeh nolak... Adek saya pun meminta memanggil polisi karena ia merasa ada orang-orang yang terus mengganggunya... Akhirnya ayah saya pun pergi untuk menuruti keinginannya.

Saya, ibu saya dan adek bungsu saya menemani adek saya ini di kamarnya... Adek saya cuma tiduran menatap kosong ke langit-langit rumah.

Tiba-tiba . . . .

Adek saya menatap ke saya... Ia pun berkata "Mau sampai kapan kaya gini terus mas ?" Saya pun berkata "Ada apa ? Mas kenapa ?" Adek saya bilang "Mas suka ngejek aku di reddit kan ? Itu mas kan ?" Saya pun menjawab "Bukan dek... Mas aja gak punya Reddit... Itu bukan mas" Setelah itu adek saya kaya mereda gitu "Oh bukan yah ? Maafin aku yah mas... Aku juga gak tau kenapa aku kaya gini"

Sejak saat itu, adek saya kaya membaik... Kami pun mengobrol bareng tentang kenangan lama kami... Untuk pertama kalinya setelah sekian tahun, ibu saya, saya, adek bungsu saya ngobrol bareng di kamar itu... Sejak saat itu keinginan untuk bunuh diri adek saya hilang... Seneng sih rasanya, apalagi setelah ayah saya membelikan obat penenang sehingga malam itu adek saya bisa tidur dengan tenang.

Esok malamnya, Tiba-tiba adek saya jalan sendiri ke depan rumah... Saya pun berkata "ada apa ?" Adek saya yang introvert berkata "gak ada... Gapapa" Katanya dengan wajah tegang seolah mencari sesuatu.

Saya dan keluarga pun waswas, saya menduga wah pasti ada kenapa-kenapa nih... Akhirnya setelah dibujuk, adek saya mau ngobrol... Katanya menurutnya, ada seseorang yang meminta duit ke adek saya... Orang itu terus meminta duit, adek saya pun bilang orang itu gak akan muncul kecuali adek saya sendiri yang menemuinya.

Akhirnya setelah dibawa tenang dan mau tidur... Ayah saya bercerita kalau adek saya emang punya banyak kenangan buruk di masa lalu... Bahkan sewaktu tragedi kejang saat denger bahasa Jawa itu... Rupanya ada salah satu guru SMA nya yg marahin dia terus pake bahasa Jawa... Mungkin karena itu, adek saya yang baperan dan gak bisa dimarahin ini trauma kali yah... Sampe kejang gitu 😢

Saya pun mulai menduga... Ini bukan cuma kesurupan... Kebetulan saya suka banget liat film tentang hacker gitu... Dan biasanya tokoh protagonis disana mengidap skizofrenia... Setelah saya baca artikelnya, gejala-gejala di adek saya emang cocok dengan penyakit skizofrenia ini.... Saya pun menduga, Jangan-jangan di masa lalu ada seseorang yang malak adek saya kali yah makanya di pikirannya terngiang-ngiang kalau ada yang meminta duit ke dia... Jangan-jangan di masa lalu ada seseorang yang menyarankan adek saya bunuh diri kali yah makanya sewaktu di rumah mbah adek saya sempat didatengin orang yang katanya gitu.

Akhirnya kami pun mulai paham kalau orang yang katanya sering menganggu adek saya itu bukanlah jin atau sebagainya... Ya mungkin ada juga sih karena pas di rukiyah adek saya sempat muntah dan warnanya pun pekat... Tapi untuk masalah ini, gejala trauma di masa lalunya mulai berdatangan dan seolah adek saya merasa kalau itu tuh orang yang datang di sekitar rumahnya.

Langsung lah esoknya kami membawanya ke RSUD terdekat... Setelah berobat rupanya ada salah satu obat yang bernama risperidone... Nah ini yang mau ane tanyakan dari awal sampai akhir.

Sudah 3 hari belakangan semenjak adek saya berobat... Nah, setiap adek saya mengkonsumsi risperidone, kenapa yah tubuhnya jadi kejang gitu... Masalahnya untuk hari ini saja, adek saya cuma mengkonsumsinya pas pagi aja... Padahal aturannya pagi & siang... Tapi gejala kejang nya lebih parah daripada hari kemarin saat mengkonsumsinya pagi & siang.

Adakah suhu disini yang pernah mengalami hal yang serupa ? Soalnya kejang nya tuh parah banget... Tangan adek saya aja kaya Orang-orangan sawah yang membentuk huruf L ke bawah... Apa itu normal ? Atau adek saya memang gak cocok dengan obat itu... Sebenarnya ada sih obat dari dokter untuk menghilangkan gejala kram otot/kejang itu... Tapi aturannya cuma diminum saat malam aja... Sedangkan risperidone nya di pagi dan siang.... Apa yang harus saya lakukan ? Kadang gak tega tiap kali melihat adek saya kram otot tiap kali meminum risperidone 😢

Oh yah, ini juga sekaligus pembelajaran yah bagi orang tua ataupun seseorang yang mempunyai kenalan pendiam... Coba ditanyain, siapa tau orang itu punya kenangan buruk yang gak bisa ia ceritakan... Minta doa nya yah teman-teman agar adek saya diberi kesembuhan agar bisa hidup normal seperti dulu lagi 🙏
Kasusnya sama kayak kasus ane gan, menurut pengalaman ane sendiri efek obat skizofrenia emang gitu bikin mual mual bikin gampang ngantuk kalau kejang belum pernah sih, cuma bisa minta ke dokter buat ganti resep obat ane lupa namanya walaupun lebih mahal.

Ane gak pernah sampai ngelihat cuma denger suara dan itu jelas banget bukan cuma kayak suara imajinasi Di kepala doang atau suara hp yg kresek", secara fisik badan itu rasanya lemes tremor belum lagi stress denger orang ngomong mulu mana ga kliatan orangnya, agan aja yg normal pasti sebel kan kalau denger orang ngomel mulu apalagi lagi ngobrol tiba tiba ada yg ikut nimbrung, kalau keliatan orangnya mah enak bisa di tampol biar diem lah ini kaga.

Kalau masalah ghaib ane sendiri juga kurang paham, secara ane 25 tahun hidup normal lagi banyak pikiran tiba" denger suara ngasih tau informasi yg seharusnya ane ga tau, semacam photographic memory versi suara yg annoying walaupun 80% isinya hasutan.
Ada yg bilang itu santet, ketempelan, dll. Dari dokter bilangnya itu skizofrenia tapi sebagai penderita sebenernya cuma pingin suaranya berhenti udah itu aja.
 
User di-banned, maka konten otomatis dihapus.
User is banned, content is deleted automatically.
 
Ditangani saja oleh dr. Sp.KJ.
Karena tidak bisa ditangani dengan pendekatan spiritual saja atau bahkan sangat percuma bin sia2 kalau pakai cara2 mistik.
Saat terima resep obat dari dokter, biasakan utk menanyak kontra indikasi atau efek samping dari obat itu. Penting sekali spy tau apa yang dilakukan jika ada efek sampingnya.

Selama penanganan medis, keluarga harus kuat dan siap siaga. Kuat mental menghadapi kelakuannya yang sering bikin kaget dan menakutkan. Jika dia bilang ada yang mau bunuh dia, jangan frontal dilawan tapi pelan2 diikuti dengan dibilang orangnya sdh ditangkap hansip.
Selalu siap siaga kalau tiba2 dia menghilang, pergi entah kemana. Makanya yg spt ini harus dipantau, tapi tanpa mengurung dia di kamar. Cukup di dalam rumah.

Kalau memang harus rawat inap di RSJ, terima saja. Minta kamar khusus, yang cuma satu pasien. Jadi tidak merasa asing, secara lokasi dan dengan orang lain jika sekamar banyak orang.

Suhu dan keluarga harus kuat ya, prosesnya panjang tapi bisa sembuh kok.
 
Terima kasih sarannya... Tapi kata dokternya sih klo bisa jangan sampai kena sinar matahari dulu... Karena obat yang ia minum bikin sensitif ke sinar matahari itu.

Terima kasih... Minta doa nya yah Hu.

Terima kasih hu... Minta doanya yah...

Kemarin kami berobatnya ke RSUD Banyumas.

Iya, tapi setiap orang beda-beda... Ada yang hatinya lembut jadi di teriakin dikit udah bikin hati terluka... Ada yang di ejek bikin ia terngiang-ngiang di kepalanya... Nah adek saya termasuk dari golongan ini... Makanya gampang banget buat terkena penyakit ini.

Oh yah ? Suhu pernah kena juga ? Gimana sekarang kabarnya hu ? Apa masih suka denger suara gitu ? Terus waktu suka denger gmna caranya buat ngilanginnya ? Sharing dong hu siapa tau sarannya bisa membanrubadek saya.

Nah iya sewaktu adek saya berniat bunuh diri gitu, sebenarnya bukan karena gmna yah ? Cuma stress aja gitu rasanya denger suara yang annoying banget tiap saat... Ya bayangin aja tiap detik ada suara 'goblog' yang terdengar dan itu berulang-ulang tanpa henti... Jadi ya waktu itu adek saya capek banget dan mungkin pikirnya dengan bunuh diri bisa menghentikan suara yang mengganggu itu... Untungnya skrg udah enggak... Tapi ya kadang masih gak kuat buat ngelawan suara-suara itu.
Bukan cuma annoying tapi horror juga panjang banget kalau di ceritain detail tapi badan juga rasanya lemes pegel" ibaratnya kontrol ke badan sendiri cuma 70-80% saking lemesnya, susah fokus, sama kemampuan berbicara (linguistic) turun drastis, tapi kalau soal kemampuan berpikir (kecerdasan) & logika berpikir masih sama kayak orang normal, dari pengalaman ane yg kena banget itu sebenernya ga bisa fokus (Karena denger suara/penglihatan, rasa takut & fisik yg drop) sama rasa percaya diri yg yg turun drastis jadi minderan (Karena takut, malu stigma negatif dari orang lain di anggep gila, sakit, dll.) Padahal kalau basicnya orangnya pinter ya masih tetep pinter ketutup rasa percaya diri yg drop aja.

Biar cepet sembuh ya konsul ke psikiater obatnya jangan telat kalau ga cocok atau ada efek samping konsul aja ke psikiaternya lagi buat ganti obat, yg utama support orang terdekat buat ngebangun rasa percaya diri yg drop supaya punya keyakinan kalau ini bisa sembuh.

Ane sendiri drop parah waktu pertama kali kena & di diagnosis skizofrenia, cuma ane sendiri punya keyakinan kalau ini bisa sembuh setelah 2 Bulan konsul ke psikiater & rutin minum obat sempet ganti obat juga walaupun rasanya gak enak banget di badan ane paksain terus karena pingin sembuh, akhirnya suaranya ilang sendiri walaupun secara fisik masih lemah tapi pelan pelan bisa di recovery sendiri.

Paling penting itu sebagai keluarga ngebantu buat ngebangun rasa percaya dirinya lagi, dari support hobinya pelan pelan di ajak berkegiatan apa kek yg ringan" biar ada kegiatan tapi jangan pernah di paksain karena fisik sama mental lagi drop parah, buat di ajak ngobrol/cerita pasti susah jadi jangan di paksain buat cerita atau ngobrol apalagi keluar ketemu orang banyak jangan dulu, udah bisa cerita aja itu udah syukur banget di dengerin di kasih pengertian aja pelan" yg logis, orang yg kena skizofrenia kemampuan linguistic nya turun drastis jadi susah buat ngomong/nyusun kata" jadi lebih banyak diem. selama penderita masih sering denger suara/penglihatan mending jangan di paksain buat bersosialisasi/cerita dulu di dampingin aja di dengerin kalau dia lagi mau cerita. Fokusin buat rutin pengobatanya dulu sampai suaranya ilang.
 
klo bully, ane dari sd sampe pondok udh kena bully bukan bully mulut aja. plg parah sih di pondok. semoga ade masnya membaik
Skizofrenia sependek pengetahuan ane karena ketidak seimbangan zat kimia di otak hu faktornya bisa dari bawaan genetik atau efek samping zat zat adiktif/kimia, bully & trauma lain yg di alami itu sebagai trigger aja, pas ane kena skizofrenia yg ke recall malah pengalaman" buruk di masa lalu yg dalam kondisi normal sebelumnya ane sendiri udah lupa & ga ngejadiin itu beban pikiran, tapi pas kena skizofrenia jadi drop parah gara" hal itu. Soal asal suara/penglihatan itu masih misteri ane sendiri sampai denger 11 suara beda beda bisa di ajak ngobrol (bukan kayak lagi ngomong sama diri sendiri ya yg kita udah kepikiran jawabanya apa) intonasi suaranya dari yg bisik bisik, ngomong biasa sampai yg teriak macem macem.
 
Bimabet
User di-banned, maka konten otomatis dihapus.
User is banned, content is deleted automatically.
 
Status
Thread ini sudah dikunci moderator, dan tidak bisa dibalas lagi.
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd