Agen Terpercaya  
 
 
 
 
Pasang iklan, hanya lewat Contact Us.
Waspada penipuan iklan. Klik di sini untuk melihat daftar penipu.

Fasih bahasa jawa

andaswara return

Semprot Lover
Daftar
12 Apr 2015
Post
224
Like diterima
4
Bimabet
Saya adalah seorang kelahiran asli sumatera utara namun suku saya adalah jawa, kedua orang tua saya apabila dirumah menggunakan jawa kasar dan itu fasih namun tidak bisa jawa alus :) , arep nengdi? wes mangan dll itu saya pahami namun jangan tantang saya untuk mengucapkanya langsung karena pasti jadi belibet :D, ketika berbicara dengan saya kedua orang tua menggunakan bahasa indonesia, karena memang rata-rata disini yang pakai bahasa jawa hanya sesama orang tua :Peace: , yang menjadi pertanyaan saya, apabila saya ingin fasih berbahasa jawa kasar terlebih ingin fasih jawa alus (entah apa nama aslinya) apa yang harus saya pelajari dahulu? Trims :kk:
 
Sapa'an mungkin... Pagi, siang, malam. Kalo kasar urut seperti diatas adalah esuk, awan, bengi.
sementara kalo halus dengan urutan sama enjing/injing, siang, dhalu.

Kalo langkah yang bener saya malah kurang tau.
 
Ada temen saya dari jambi suku jawa juga fasih jawa alus bahkan dia pernah tantang saya, Kamu jawa? bisa bahasa jawa dong? saya jawab tidak :galau: Kamu tinggal di sumut jago bahasa batak atau karo? saya jawab juga tidak :galau: ... Lalu teman saya itu bilang, berarti Kamu jawa engga Kamu batak karo juga engga..
 
Kalo sodara saya yang dijakarta kebanyakan juga bapak&ibunya asli jawa, anak-anaknya terbiasa bhs.indonesia. Suruh ngomong jawa juga gak bisa sama sekali. Tapi karena tiap pulang kampung diajakin ngomong bahasa jawa, dia lama lama ngerti tapi gak bisa kalo surung ngomong juga.
 
langsung praktek gan. krn itu perkara kosakata aja. aturan bahasa nya sih sama aja.

ane lama di jogja tp mmmng g pernah memulai untuk belajar bahasa kromo.

krn hanya dpakai untuk org yg lebih tua dan kalo salah2 justru dianggap tdk sopan jd ane kurang tertarik.

bahasa ngoko jauh lbh berguna untuk pergaulan. sementara dgn org tua bhs tsb dianggap kurang sopan, jd ane mending pake bahasa indonesia :D

tp lanjutkan kl mmng punya motivasi gan.
good luck
 
anaknya pakde gw, jawa tulen, pakde & bude cuman beda kampung doang, terus married
tapi karena pindah-pindah hidupnya jadi terbiasa multi
yg dia kuasai mandarin, indo, jawa, sunda, english
logatnya failed banget kalo disuruh bhs. jawa
 
Setuju sm omPerut..
Belajar kata/kalimat sapaan dlu yg digunakan sehari2, itu akan menjadi loncatan dan mmpermudah kita belajar ke depannya.. :)
 
Lanjut belajar om...
Kata mudah ini.

*iya/ya> jadi yo/iyo (kasar) pelafalanya "o" seperti bahasa inggris, bukanya mulut agak sedikit lebar dibanding "o" nya bhs. Indonesia. Coba dulu om..
-untuk bahasa halus/kromo > enggih/injih.

*tidak > ora (bahasa kasar/ngoko)
- mboten (halus)


sebenernya untuk keseharian di bahasa jawa itu yang digunakan kasar dan halus itu masih jenis bahasa "ngoko".
Bahasa jawa yang bener bener kasar itu ada juga lho om, yang masih fasih ya orang orang tua dan orang keturunan jawa di Negara Suriname dan sedikit di Belanda.
 
Maaf nyerbu post lagi, saya kasih tebakan nanti artikan sendiri.

"Lali Rupo, Eling Roso"
 
Maaf nyerbu post lagi, saya kasih tebakan nanti artikan sendiri.

"Lali Rupo, Eling Roso"

Lupa Bentuk, ingat Rasa :Peace:

# Saya tidak mau nyontek gugel.. jawaban saya seadanya dan semampu saya :D

# Ada pernah kejadian anak jawa umurnya sekitar 10 di kabupaten langkat terus pindah ke dekat rumah saya.. anak ini bahasa indonesia juga sedikit ada bahasa jawa, sewaktu main dg teman teman barunya dia mengatakan "kawan ada kinjeng!" sementara kawannya meganggap "kinjeng" itu kijang maka beramai ramilah mereka berkumpul dan mengatakan "mana kijang? mana kijangnya!" :D
 
Terakhir diubah:
Sebenernya suhu udah ngerti secara agak menebak nebak dari apa yang dibicarakan. Tapi mungkin kosakata nya masih terbatas, begitukah?
 
Kalau menurut saya ya om, lebih banyak berkomunikasi dengan orang tua yg berbicara dg b.jawa alus. Nanti lama kelamaan bisa ngerti sendirinya perbedaan krama dan ngoko.
Sedangkan b.jawa kasar gampang dipelajari krn sehari hari org jawa pasti berbicara dg ngoko (apakah teman, atau temannya teman).
Saya juga lg belajar b.jawa alus, sampe harus ke desa biar ngerti hehe.
:beer:
 
Sebenernya suhu udah ngerti secara agak menebak nebak dari apa yang dibicarakan. Tapi mungkin kosakata nya masih terbatas, begitukah?

Secara Bahasa bila translate orang bicara ngerti, translate teks percakapan member disini bahasa juga tau om.. tapi ngucapinnya sulit :pandaketawa:
 
Kalo saya sebagai orang jawa masih bingung dengan arti "Telek Lencung" om. Sampai sekarang saya gak paham "Lencung" itu dari hewan apa.
hahahahaha...

Kalo dulu diajari cara pelafalan orang "madura" dengan berhitung dan menyebut warna. Mungkin bisa dicoba pake cara itu om..

Karena dalam bahasa jawa angka 2 (dua) itu kasarnya ditulis jadi "Loro". Beda pengucapan itu beda arti kata, bisa "Loro" berarti "dua" atau "Loro" yang artinya sakit.
 
Sama kayak kletong alias kotoran sapi ya om :taimacan: ... iya om loro dua sama loro sakit memang beda, kalo kirek sama asu apa beda om?
 
Sedikit nambahi ya, telek lencong itu tai ayam yang warnanya coklat dan lembek dan baunya sangat menyengat,kadang sudah dicucipun masih bau..hehehe..
Bahasa jawa itu ada tingkatan tingkatanya
Ngoko, kromo inggil,
Mungkin suhu bisa beli kamus bahasa jawa indonesia utk mempermudah belajarnya,
Bahasa jawa sendiri banyak kesamaan dgn bahasa indonesia cuma beda di huruf o dan a.
 
Sama kayak kletong alias kotoran sapi ya om :taimacan: ... iya om loro dua sama loro sakit memang beda, kalo kirek sama asu apa beda om?

Kirek/kirik tuh anak anjing om...
Dalam bahasa jawa anak binatang punya sebutan yg beda dengan mboknya, misalnya anak kebo = gudel, anak sapi = pedhet , anak kucing =cemeng, anak kambing = cempe....dan lain sebagainya..
Bahkan setiap pohon yg ada kembangnya punya nama sendiri, misalnya kembang aren = dangu, kembang tebu = gleges, kembang jambu = karuk...dan lain-lain...
Dan mata pelajaran bahasa jawa inilah yg selalu mewarnai (5) nilai rapor saya waktu sd...:p
 
Ada perasaan bangga lho kalo bisa fasih dalam bahasa jawa halus.
Dari info yang saya dapat, orang yang fasih bahasa Jawa halus biasanya identik dengan yang derajatnya tinggi/pyai.
Sedangkan yang sering menggunakan bahasa jawa kasar biasanya mereka yang derajatnya dianggap rendah. Tapi...itu gak berlaku buat saya. Karena saya menganut, derajat semua orang sama.

Nah...TS kan sudah tau sedikit bahasa jawa, walaupun yang kasar. Pelajari aja dulu bahasa jawa tersebut, nanti kalo sudah fasih, baru levelnya dinaikan. Saya sendiri juga masih belajar agar bisa berbahasa jawa halus.

Kinten kinten mekaten ingkang saged kulo aturaken rumiyen. Mugi mugi bisa dilajengaken malih.

CMIIW :)
 
Bimabet
Kalo sodara saya yang dijakarta kebanyakan juga bapak&ibunya asli jawa, anak-anaknya terbiasa bhs.indonesia. Suruh ngomong jawa juga gak bisa sama sekali. Tapi karena tiap pulang kampung diajakin ngomong bahasa jawa, dia lama lama ngerti tapi gak bisa kalo surung ngomong juga.

jakarta n jawa beda y?
 
Jav Toys
Gaple Online Indonesia
Pasang iklan hanya lewat CONTACT US
Back
Top
We are now part of LS Media Ltd